Thursday , March 28 2024
Beranda / Berita / LP Ma’arif NU: Aspek Spiritual Peta Jalan Pendidikan Nasional Masih Lemah
deras.co.id
Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Arifin Junaidi (Istimewa)

LP Ma’arif NU: Aspek Spiritual Peta Jalan Pendidikan Nasional Masih Lemah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih merancang Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020–2035. Mengenai hal itu, Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) beranggapan bahwa aspek spiritual dalam konsep tersebut masih lemah.

’’Nilai spiritualitas yang diperoleh pada pendidikan agama, moral, dan pembentukan karekter berbudaya, belum cukup kuat untuk refleksi dalam desain peta jalan yang dibuat Kemendikbud,’’ ucap Ketua LP Ma’arif NU Arifin Junaidi dalam Rapat Dengar Pendapat Umum bersama Komisi X DPR RI secara virtual, Selasa (12/1).

Kata dia, dalam peta jalan tersebut perlu adanya penguatan spiritual itu untuk lebih dikuatkan. Spiritualitas ini akan menjadi penguatan secara pribadi para peserta didik untuk bekal di masa mendatang.

’’Untuk menyempurnakan peta jalan ini, perhatian terhadap penguatan internal yang dapat jadi benteng ini perlu ditambahkan,’’ tutur dia.

Sementara itu, untuk desain transformasi yang lainnya sudah cukup baik. Menurut dia, aspek tersebut dapat mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia ke depan.

’’Sementara disain yang telah dirancang menunjukkan pemikiran progresif dan transformatif. Naskah peta jalan pendidikan yang dirancang mempertimbangkan dan menyesuaikan pada perubahan yang terjadi baik nasional maupun global,’’ tambah dia.

Ia menilai bahwa kebijakan ini mengarahkan untuk SDM Indonesia yang mampu merespon perubahan dengan cepat, berpikir serta berkembang dinamis.

Sumber: jawapos.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …