Tuesday , June 15 2021
Beranda / Berita / Tuduhan Mobil Tesla Jadi Mata-Mata, CEO: Kami Siap Ditutup Jika Terbukti
deras.co.id
CEO Tesla & SpaceX, Elon Musk(businessinsider.com)

Tuduhan Mobil Tesla Jadi Mata-Mata, CEO: Kami Siap Ditutup Jika Terbukti

CEO Tesla Elon Musk baru saja mengumumkan akan menutup perusahaan apabila terbukti menjadi mata-mata. Pernyataan ini ia keluarkan setelah The Wall Street Journal melaporkan kekhawatiran pemerintah Tiongkok terhadap penggunaan mobil Tesla yang dikatakan memata-matai Tiongkok untuk Amerika Serikat (AS).

Pemerintah setempat melarang orang-orang yang bekerja untuk militer Tiongkok, badan pemerintah, dan “perusahaan milik negara di industri sensitif” mengendarai Tesla. Tiongkok khawatir, kamera eksterior Tesla yang terus menerus merekam, dapat digunakan untuk mengumpulkan gambar dan dikirim kembali ke AS.

Musk melontarkan pernyataan tersebut dalam video yang dikirimkan ke China Development Forum, membahas laporan bahwa Tiongkok telah melarang personel militer dan pemerintahnya menggunakan kendaraan Tesla karena masalah keamanan di atas.

“Ada dorongan yang sangat kuat bagi kami untuk merahasiakan informasi apapun,” kata Musk. “Jika Tesla menggunakan mobil untuk memata-matai di Tiongkok atau di manapun, kami akan ditutup.”

Keputusan pemerintah Tiongkok tentunya akan merugikan bisnis Tesla di Tiongkok. Untuk diketahui, negara tersebut merupakan perusahaan yang sangat besar bagi kendaraan listrik. Menurut Reuters melalui The Verge (22/3), perusahaan sudah menjual 147.445 unit kendaraan di Tiongkok tahun lalu, yang menyumbang 30% dari total penjualan global.

Di samping masalah ini, Tesla dan pemimpinnya tampak mengambil nada yang berbeda dengan otoritas Tiongkok apabila dibandingkan dengan rekanan mereka di AS. Misalnya, bulan lalu perusahaan meminta maaf setelah menyalahkan jaringan listrik Tiongkok karena merusak kendaraan pelanggannya.

Sementara itu, Musk dan Tesla lebih agresif dalam menanggapi otoritas AS. Musk diketahui pernah menutup telepon dengan ketua Dewan Keselamatan Transportasi Nasional. Mereka juga pernah berselisih dengan pihak berwenang di Alameda County, California, tempat pabrik Tesla Fremont berada.

Sumber: tek.id

Baca Juga

deras.co.id

Pemkab Deiyai Terus Lakukan Penyuluhan Covid-19 Di Tiga Distrik

Deiyai, Pemerintah Kabupaten Deiyai Provinsi Papua yakni Rumah Sakit Umum Daerah Deiyai terus melakukan penyuluhan …