Tuesday , June 15 2021
Beranda / Berita / Gubsu dan Walikota Kompak, Geram Liat Tingkah ASN Saat Sidak Hari Pertama
deras.co.id
Edy Rahmayadi sidak di lima dinas (dok. Pemprov Sumut)

Gubsu dan Walikota Kompak, Geram Liat Tingkah ASN Saat Sidak Hari Pertama

Medan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution sama-sama berang gara-gara ulah pegawai di lingkungan kerja mereka. Edy dan Bobby mendapati pegawai berulah saat inspeksi mendadak (sidak) di dinas-dinas.

Gubsu Edy melakukan sidak ke lima kantor dinas di bawah Pemprov Sumut, Senin (17/5/2021) pagi. Edy datang untuk mengecek kehadiran dan pelayanan dari para pegawai di hari pertama masuk kerja usai libur hari raya Idul Fitri atau Lebaran.

Lima kantor dinas yang disidak Edy adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Sumut, Inspektorat Provinsi Sumatera Utara, Unit Pelayan Terpadu (UPT) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Medan Utara, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Sumut, serta Dinas Perkebunan Sumut.

Dia menemukan sejumlah pegawai yang harusnya masuk, tapi tak ada di tempat. Dia menyebut para pegawai itu bukan absen karena mudik, namun alasan yang tak jelas.

“Ada beberapa (tidak hadir), bukan mudik,” kata Edy.

Edy sempat memberi pengarahan kepada ASN yang hadir di lima dinas yang dia datangi. Selain itu, Edy mengatakan dirinya menemukan ASN yang main-main di kantor. Dia berjanji melakukan evaluasi terhadap kinerja para ASN itu.

“Banyak yang masih main-main, hadir tapi main main. Nanti lah, harus kita evaluasi ASN kita ini,” ucapnya.

Edy berharap seluruh ASN di lingkungan Pemprov Sumut memperbaiki kinerja. Dia meminta ASN berbuat yang terbaik untuk rakyat.

“Berbuat yang terbaik untuk rakyat,” jelasnya.

Bobby Geram saat Sidak ke 2 Kantor Dinas

Walkot Medan, Bobby Nasution, juga melakukan sidak untuk mengecek kerja pegawai Pemko Medan di hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran. Bobby geram karena melihat tulisan ‘tutup’ di meja pelayanan hingga kursi ASN yang kosong di jam kerja.

Bobby awalnya melakukan sidak ke Kantor Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Medan di Jalan Iskandar Muda. Bobby masuk ke sejumlah ruangan dan mengecek aktivitas pegawai sambil bertanya berbagai hal. Dia melihat ada tanda tutup di meja layanan, padahal masih jam kerja.

Bobby juga terlihat berbincang dengan sejumlah warga. Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mendengar keluhan warga soal dana PKH yang tak kunjung cair.

Sidak Bobby Nasution ke dua kantor dinas di Medan (Datuk-detiikcom)

Bobby berpindah ke Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Medan di Jalan AH Nasution.

Bobby langsung masuk ke ruangan Sekretaris Dinas tersebut dan melihat banyaknya berkas yang menumpuk dan menanyakan langsung kepada pejabat terkait. Dia kemudian berpindah ke lantai atas dan melihat ada sejumlah ASN yang tidak berada di lokasi.

“Kita baru sama-sama selesai libur Lebaran, jadi kita ingin kali di hari pertama ini, pelayanan publik, pelayanan ke masyarakat secara langsung, bertemu masyarakat secara langsung mengurusi data-data surat menyurat masyarakat ini harus optimal,” kata Bobby.

Bobby mengatakan dia mengecek langsung untuk memastikan kehadiran ASN di dua tempat pelayanan publik. Tetapi ada juga yang masih terlihat kosong.

Bobby mempertanyakan beberapa tempat duduk ASN yang kosong. Bobby meminta nama-nama petugas yang tak hadir tersebut.

“Di sini yang agak kosong jam segini, ada yang bilang sarapan, saya minta dicatat namanya, ada yang vaksin katanya yang bukan dijadwalkan dari Pemko, vaksin di Puskesmas. Setahu saya vaksin di Puskesmas bukan pakai jadwal, itu bisa datang saja langsung. Kenapa hari Senin, saya catat namanya. Alasannya apa pun, ini hari pertama, khususnya pelayanan harus dioptimalkan,” ujar Bobby.

Sumber: detik.com

Baca Juga

deras.co.id

Pemkab Deiyai Terus Lakukan Penyuluhan Covid-19 Di Tiga Distrik

Deiyai, Pemerintah Kabupaten Deiyai Provinsi Papua yakni Rumah Sakit Umum Daerah Deiyai terus melakukan penyuluhan …