Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / KIPI Bantah Vaksinasi Covid-19 Jadi Penyebab Kematian
deras.co.id
Vaksinasi Covid-19(KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO)

KIPI Bantah Vaksinasi Covid-19 Jadi Penyebab Kematian

Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Hindra Irawan Satari menegaskan, sampai saat ini tidak ada yang meninggal karena vaksinasi Covid-19. Dia meluruskan, mengingat banyaknya berita yang simpang siur mengaitkan beberapa kasus kematian akibat vaksin Covid-19.

Hindra menyebut ada 27 kasus kematian diduga akibat vaksinasi dengan Sinovac. Namun setelah diinvestigasi, kematian tersebut tidak terkait dengan vaksinasi.

Hindra menjelaskan, 27 kasus kematian itu bukan akibat vaksin Covid-19. Dia menyebut 10 kasus akibat terinfeksi Covid-19, lalu 14 orang karena penyakit jantung dan pembuluh darah, satu orang karena gangguan fungsi ginjal secara mendadak dan dua orang karena diabetes mellitus dan hipertensi tidak terkontrol

“Kenapa kami bisa membuat diagnosis itu? Karena datanya lengkap. Diperiksa, dirawat di-rontgen, diperiksa lab, di CT-scan, dapat diagnosisnya,” kata Hindra dalam keterangannya, Jumat (21/5).

Sementara yang meninggal diduga akibat vaksinasi dengan AztraZeneca ada tiga. Dia menegaskan, tidak diakibatkan oleh vaksinasi tapi lebih karena penyakit lain.

Sebagaimana diketahui, Komnas KIPI adalah lembaga yang kredibel dan independen yang memiliki fungsi dalam mengawasi pelaksanaan vaksinasi khusus untuk kejadian ikutan pasca imunisasi.

Sumber: jawapos.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …