Monday , September 27 2021
Beranda / Featured / Hijrah dan Implementasinya Dalam Membangun Kekuatan Ummat
program ULAMA DAN UMARA BERBICARA bersama narasumber Dr. H. Sakhira Zandi, M.Si.

Hijrah dan Implementasinya Dalam Membangun Kekuatan Ummat

DERAS.CO.ID – Kegiatan program ULAMA DAN UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber Dr. H. Sakhira Zandi, M.Si. yang disiarkan secara langsung dari YPSA pada Sabtu (07/08/2021) di kanal Youtube YPSA TV. Beliau menyampaikan pentingnya bagi muslim untuk memaknai Hijrah yang dilaksanakan oleh Rasulullah SAW dan mengaplikasikannya dalam hidup dan kehidupan kita.

Dalam tausyiah yang disampaikan, Beliau juga mengingatkan, “Salah satu momen terpenting dalam hijrah adalah melakukan muhasabah atau introspeksi baik pada tingkat individu maupun lembaga. Dengan melakukan muhasabah, insya Allah kita akan menjadi pribadi yang lebih baik.”

Hijrah artinya berpindah, tetapi sebagai terminologi, hijrah mengandung dua makna yaitu hijrah makani dan hijrah maknawi. Maksud hijrah makani adalah hijrah secara fisik, yaitu berpindah dari suatu tempat yang kurang baik menuju tempat yang lebih baik. Sedangkan hijrah maknawi artinya berpindah dari nilai yang kurang baik, menuju nilai yang lebih baik, dari kebathilan menuju kebenaran, dari kekufuran menuju keislaman.

Dalam tausyiahnya, Beliau mengingatkan tentang ayat Alquran yaitu tentang adanya tiga golongan yang akan mendapatkan rahmat Allah. Firman Allah SWT, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah.” (QS al-Baqarah [2]: 218).

Hijrah sejalan dengan keimanan dan perjuangan (berjihad) di jalan Allah SWT. “Jadi, orang yang hijrah itu orang beriman yang harus punya sifat-sifat jihad,” katanya. Keberkahan hijrah tidak hanya bagi mereka yang mengalami peristiwa hijrah, yakni kaum Muhajirin dan Anshar. Orang-orang yang mengikuti jejak mereka, yakni hijrah secara maknawi tentu akan memperoleh keberkahan pula.

Harapan Beliau kepada YPSA sebagai salah satu sekolah Islam terbaik di Sumatera Utara terus melakukan muhasabah diri secara konsisten untuk dapat menghasilkan Golden Generation. Ustadz Shakira Zandi, yang juga merupakan salah satu orang tua alumni SMA YPSA yang saat ini sedang melanjutkan studi di IPB, selalu mendukung dan mendoakan YPSA agar dapat mempertahankan serta meningkatkan prestasi yang telah dicapai selama ini.

Program Ulama dan Umara Berbicara ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap hari Sabtu oleh YPSA melalui kanal Youtube YPSA TV sebagai bagian dari komitmen YPSA untuk menyiarkan program-program yang bermanfaat. Untuk dapat melihat seluruh seri program Ulama dan Umara Berbicara silakan subscribe di kanal Youtube YPSA TV.

 

 

 

Baca Juga

Wakil Walikota Medan, H. Aulia Rachman, S.E. Apresiasi Pendidikan YPSA

DERAS.CO.ID – Kegiatan program ULAMA DAN UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber H. Aulia Rahman, …