Monday , September 27 2021
Beranda / Featured / Ust. Abdul Somad, 3 Tahapan Taubat dari Zina

Ust. Abdul Somad, 3 Tahapan Taubat dari Zina

DERAS.CO.ID – Dalam sebuah ceramah Ustadz Abdul Somad mengungkap tahapan taubat dari perbuatan zina agar diterima Allah. Taubat membutuhkan ilmu sehingga tidak sia-sia dan bisa langsung diterima oleh Allah SWT, maka dari itu ceramah Ustadz Abdul Somad ini menarik diikuti agar tahu tahapan taubat yang benar dari perbuatan zina.

Dari video yang diunggah di kanal YouTube Para Pejalan pada Selasa 29 Januari 2018, beliau menjelaskan tentang tahapan yang dimaksud.

Dalam pandangan Islam, dosa dibagi menjadi dua macam yaitu dosa besar dan dosa kecil, dosa kecil bisa dihapuskan dengan mudah oleh Allah melalui keutamaan amalan sehari-hari, sedangkan dosa besar mempunyai cara khusus agar Allah mau mengampuninya.

Cara khusus yang dimaksud ialah dengan melakukan taubat nasuha secara langsung kepada Allah. Salah satu dosa besar dalam Islam yang sering dilakukan oleh manusia adalah zina, maka dari itu Allah tidak akan bisa langsung mengampuni dosa zina bila pelakunya tidak bertaubat.

Dalam sebuah ceramahnya, ada seorang wanita mengirim pertanyaan kepada Ustadz Abdul Somad tentang cara taubat dari zina. “Pak ustadz saya pernah berbuat maksiat (zina) dengan lelaki yang bukan mahram saya, taubat seperti apa yang harus saya lakukan”, ujarnya membacakan pertanyaan itu.

Ustadz Abdul Somad menjelaskan dengan cukup ringkas tiga tahapan dalam taubat dari dosa berbuat zina. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk bertaubat dari dosa zina ialah melakukan mandi taubat, setelah itu seseorang harus melakukan shalat sunnah taubat secara khusyuk dan menyadari kesalahannya, kemudian tahapan yang terakhir adalah membaca istighfar dengan niat mengakui kesalahannya.

“Mandi taubat, setelah itu shalat sunnah taubat, dan yang terakhir istighfar”, kata ustadz Abdul Somad.

Selain itu ustadz Abdul Somad mewanti-wanti agar aib dari dosa tersebut ditutup rapat, bahkan dari orang tua sendiri. Wallahu’a’lam.

***

Baca Juga

Luhut Laporkankan Haris Azhar Gegara Gunung Emas Blok Wabu Harta Karun 207 T

DERAS.CO.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, melaporkan Direktur Lokataru Haris …