Monday , September 27 2021
Beranda / Featured / Bid’ah Era Kontemporer Yang Sangat Berbahaya

Bid’ah Era Kontemporer Yang Sangat Berbahaya

Ustadz Muhammad Abduh Negara

Salah satu bid’ah yang berkembang di era kontemporer yang lebih buruk dan lebih bahaya dibandingkan kemaksiatan adalah bid’ah pemikiran liberal, pluralisme agama, feminisme dan semisalnya.

Orang yang melakukan maksiat jika tidak disertai pemikiran bid’ah diatas, dia sadar bahwa dirinya bermaksiat, mungkin kesadaran itu tak cukup kuat untuk menghentikannya bermaksiat, tapi minimal dia tidak akan begitu pongah dengan kemaksiatannya.

Sedangkan pelaku pemikiran bid’ah di atas, ia merasa hebat, merasa jadi pahlawan karena memperjuangkan nilai-nilai kebenaran versinya (yang sebanarnya batil), ia tidak merasa bersalah (tentu saja), malah ia menganggap pemahaman bid’ahnya tersebut adalah kebenaran yang harus terus diajarkan dan ditanamkan pada sebanyak-banyaknya orang.

Dampak pemikiran ini pun sangat berbahaya bagi umat islam, lebih-lebih generasi mudanya. Ia adalah racun yang jika tidak dinetralkan bisa merusak aqidah, bukan sekedar furu’ (seperti yang biasa di perdebatkan para pegiat medsos) tapi ushul aqidah, ushul iman dan kekufuran. Ia termasuk bid’ah mukaffira (bid’ah yang menyebabkan pelakunya menjadi kafir).

Jangan kira pemikiran bid’ah semacam ini hanya sedikit diterima oleh umat islam, jika anda mengira begitu, kemugnkinan karena lingkup pergaulan anda, termasuk di media sosial, terbatas pada anak pengjian saja.

*

Baca Juga

Luhut Laporkankan Haris Azhar Gegara Gunung Emas Blok Wabu Harta Karun 207 T

DERAS.CO.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, melaporkan Direktur Lokataru Haris …