Thursday , October 28 2021
Beranda / Featured / Akhlak Sosial Dalam Islam

Akhlak Sosial Dalam Islam

DERAS.CO.ID – Kegiatan program ULAMA DAN UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber Ust. Dr. Syafruddin Syam, M.A. yang disiarkan secara langsung dari YPSA pada Sabtu (18/9/2021) di kanal Youtube YPSA TV. Beliau menyampaikan pentingnya akhlak sosial dalam islam.

Dalam tausyiah yang disampaikan, beliau mengatakan Allah menciptakan manusia sebagai makhluk terunggul, Allah meletakkan kita di level yang tertinggi. Oleh karena itu maka Allah meminta kita untuk mnampilkan sebuah prestasi kebaikan.

Kehadiran Rasullulah di muka bumi ini adalah untuk menyempurnakan akhlak karena itu seluruh umat islam berkewajiban menjadi orang-orang yang mengusung nilai-nilai akhlak karena akhlak adalah satu bagian dari pada kerangka dasar dalam pelajaran islam, disamping akidah, syariah dan kemudian akhlak.

Karena itu maka ada seorang ulama kita yang bernama ibnu Maskawaih ulama ahli dan pakar di bidang akhlak mengatakan bahwa akhlak itu adalah keadaan, situasi, kondisi yang ada pada jiwa seseorang.

Akhlak itu ada yang bersifat pribadi (privat) dan bersifat sosial, yang pertama akhlak pribadi adalah akhlak kepada Allah yang tanpa ada dilihat orang, tanpa diliput oleh mediapun dia tetap  melakukan yg terbaik karena dia merasa diawasi oleh Allah.

Kemudian yang kedua adalah akhlak sosial adalah akhlak yang harus di tampilkan yang tak mesti harus mikir-mikir lagi dan tak harus disuruh-suruh lagi dan tidak diatur-atur lagi atau bukan setingan tapi tumbuh  dengan sendirinya.

Beliau juga mengatakan kepada kita semua bahwa akhlak yang terpuji itu akan mewujudkan sebuah keadilan karena keadilan itu adalah kebutuhan dasar setiap orang, bahkan tubuh manusiapun butuh keadilan, orang yang merasa tidak mendapatkan keadilan itu biasanya susah untuk senyum.

Ulama cendikiawan muslim Murtadho Mutohari membagi makna adil  kepada 4 macam yaitu:

  1. Tawazun / Keseimbangan
  2. Almusawa / Persamaan
  3. Memberikan hak  sesuai yang mempunyai hak
  4. Keadilan  yang Allah punya

Program Ulama dan Umara Berbicara ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap hari Sabtu oleh YPSA melalui kanal Youtube YPSA TV sebagai bagian dari komitmen YPSA untuk menyiarkan program-program yang bermanfaat. Untuk dapat melihat seluruh seri program Ulama dan Umara Berbicara silakan subscribe di kanal Youtube YPSA TV.

Baca Juga

Menyambut Datangnya 12 Robiul Awal, Hari Lahirnya Manusia Paling Mulia Pemimpin Agung Nabi Muhammad SAW

DERAS.CO.ID – Sayidah Aminah berkata Ketika aku mengandung “Kekasihku” Muhammad SAW diawal masa kehamilanku yaitu …