Sunday , November 28 2021
Beranda / Featured / Mantan Menlu AS Colin Powell Meninggal Dunia Karena Covid-19, Kejahatannya Luar Biasa di Perang Irak

Mantan Menlu AS Colin Powell Meninggal Dunia Karena Covid-19, Kejahatannya Luar Biasa di Perang Irak

DERAS.CO.ID – Mantan menteri luar negeri Amerika Serikat Colin Powell meninggal dunia di usia 84 tahun akibat komplikasi Covid-19 pada Senin (18/10/2021).

Powell menjabat sebagai menlu AS era presiden George W. Bush pada 2001-2005 lalu. “Kami telah kehilangan seseorang yang luar biasa dan suami, ayah, kakek dan salah satu orang hebat di Amerika”, demikian menurut pernyataan keluarganya yang diunggah di facebook, dikutip Reuters, Senin (18/10/2021).

Keluarga mengatakan Powell tetap mengalami gejala berat Covid-19 meski sudah divaksinasi lengkap. Eks Jenderal militer AS itu pernah menjabat sebagai penasehat kemanan nasional di bawah presiden Ronald Reagen pada 1987 hingga 1989.

Dia juga pernah menjadi kepala staf gabungan militer di bawah pimpinan George W. Bush selama perang teluk 1991 berkecamuk.

Ia memainkan peran penting dalam merancang alasan sebagai dasar invasi ke Irak pada 2003 dengan menggunakan laporan intelijen yang keliru, suatu hal yang ia sesali di kemudian hari.

Colin Powell juga telah memberikan bukti palsu kepada PBB, mengklaim Irak sedang membangun Weapon of Mass Destruction (WMD) atau senjata pemusnah massal, kemudian menyebutnya ‘bercak’ di catatannya serta perang Irak menewaskan sedikitnya 209.000 warga sipil Irak.

Hanya 18 bulan kemudian setelah Saddam Hussein digulingkan, Powell mengakui bahwa laporan intelijen yang menyatakan diktator Irak itu memiliki “senjata pemusnah massal”, hampir pasti salah. Tak lama setelah itu dia mengumumkan pengunduran dirinya sebagai menteri luar negeri.

BBC News

Baca Juga

Mulai 1 Desember ini Arab Saudi Izinkan WNI Masuk Tanpa Transit

DERAS.CO.ID – Arab Saudi akan mulai mengizinkan pendatang dari enam negara termasuk Indonesia masuk langsung …