Tuesday , January 18 2022
Beranda / Featured / Jokowi ke Glasgow Hadiri KTT G20, Perubahan Iklim COP26

Jokowi ke Glasgow Hadiri KTT G20, Perubahan Iklim COP26

DERAS.CO.ID – Jakarta, Usai menghadiri G20 di Roma Italia, Presiden Joko Widodo melanjutkan dinas luar negerinya ke Glasgow Skotlandia untuk menghadiri KTT Perubahan Iklim PBB, COP26. KTT tersebut berlangsung sejak 31 Oktober hingga 12 November 2021 mendatang.

Presiden Jokowi menegaskan Indonesia memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam penanganan perubahan iklim global karena menjadi salah satu negara dengan hutan tropis dan mangrove terbesar di dunia.

Karena itu Jokowi menuturkan posisi Indonesia tetap konsisten dalam penanganan perubahan iklim global.

“Posisi Indonesia untuk isu perubahan iklim adalah sangat konsisten. Kita bekerja keras memenuhi yang sudah kita janjikan. Kita (Indonesia) tidak ingin ikut dalam retorika yang akhirnya tidak dapat kita jalankan”, kata Jokowi dalam jumpa pers virtual menjelang keberangkatannya di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat (29/10/2021).

Jokowi menuturkan KTT ini akan dipimpin langsung Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan dihadiri 120 kepala negara dan pemerintahan.

Selain Jokow dan Johnson, Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Kanada Justin Trudeau, Presideni Turki Recep Tayyip Erdogan, hingga Presiden Korea Selatan Moon Jae-in juga akan hadir langsung di COP26.

Selama KTT G20 berlangsung di Roma, Jokowi mengikuti beragam pertemuan termasuk tentang ekonomi dan kesehatan global. Presiden juga menjadi salah satu pembicara kunci pada side event KTT G20 yang membahas soal UMKM dan bisnis milik perempuan.

Di hari kedua KTT G20, Jokowi berbicara pada sesi KTT G20 yang membahas topik perubahan iklim, energi, dan lingkungan hidup, serta pada sesi yang membahas tentang pembangunan berkelanjutan,

Selain mengikuti acara KTT G20, Jokowi juga menggelar tiga pertemuan bilateral bersama pemimpin negara yaitu Perdana Menteri Australia, Presiden Perancis, Presiden Turki dan pertemuan dengan Bank Dunia.

Jokowi juga melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Dewan Eropa, Charles Michel dan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Pada penutupan KTT G20, Jokowi secara resmi menerima tongkat estafet keketuaan atau presidensi G20 dari PM Italia Mario Draghi.
Presiden juga mengundang para pemimpin untuk hadir pada KTT G20 yang rencananya digelar di Bali pada 30-31 Oktober 2022.

(*)

Baca Juga

Menteri ESDM Klaim Premium Sepi Peminat, PKS: Stop Bohongi Publik!

DERAS.CO.ID – Pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif yang menyebut peminat …