Tuesday , January 18 2022
Beranda / Featured / Banjir Genangi Bali, Sejumlah Rumah di Denpasar Tergenang, Warga dan Balita di Evakuasi

Banjir Genangi Bali, Sejumlah Rumah di Denpasar Tergenang, Warga dan Balita di Evakuasi

DERAS.CO.ID -Intensitas hujan yang turun sejak Minggu (5/12/2021) di Provinsi Bali menyebabkan sejumlah wilayah mengalami banjir.

Dampak banjir di antaranya dirasakan warga di wilayah Kuta di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar, Bali hingga Senin (6/12/2021).

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung I Wayan Wirya mengatakan banjir yang terjadi dipicu hujan yang terjadi sejak Minggu malam (5/12/2021).

5 warga Legian termasuk balita terjebak banjir sebanyak lima warga termasuk satu balita terjebak banjir di kawasan Desa Adat Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Senin (6/12/2021).

Meraka dievakuasi oleh Basarnas Bali dengan menggunakan rubber boat melalui akses sungai.”Proses evakuasi dilakukan menggunakan rubber boat melalui akses sungai dengan memberangkatkan personel dari Basarnas Bali sebanyak 10 orang”, kata Kepala Basarnas Bali Gede Darmada dalam keterangan tertulis, Senin.

Darmada mengatakan, informasi terjebaknya lima warga tersebut pertama kali diterima Basarnas Bali pada pukul 10.25 Wita.

Penyebab banjir menurut Wayan, intensitas hujan relatif cukup tinggi sejak Minggu malam hingga Senin pagi. Selain itu, banjir juga diakibatkan meluapnya aliran sungai Tukad Mati di Kuta, Kabupaten Badung.

“Aliran Tukad Mati tidak bisa dipercepat karena air laut meninggi sehingga permukaan air sungai meningkat, merendam lahan”, ujar Wirya, Senin (6/12/2021).

Wayan menyebutkan, ketinggian banjir terparah terjadi di Kawasan Legian dan Dewi Sri hingga setinggi satu meter.

“Tadi untuk mengevakuasi karena kami yang piket tak bisa meng-cover semua maka kami minta tolong Basarnas, ikut membantu sekitar Tukad Mati, di kawasan Legian”, ujarnya.

Sementara dari pihak BPBD melakukan evakuasi di sekitaran jalan Dewi Sri serta menangani pohon tumbang di beberapa titik seperti di desa Munggu, kecamatan Mengwi, Badung.

Berikut ini beberapa wilayah di Kabupaten Badung yang terdampak banjir:

1. Kecamatan Kuta
– Jalan Nakula 5 No 8 Legian, Kuta
– Jalan Kunti 2 Seminyak, Kuta
– Jalan Yudistira Sunset Road, Kuta
– Jalan Tukad Mati, Kuta
– Jalan Dewi Seri, Kuta
– Jalan Campuan Dewi Sri, Kuta
– Jalan Dewi Sri 4, Kuta

2. Kecamatan Kuta Selatan
– Jalan By Pas Jimbaran

Pohon tumbang Kecamatan Mengwi
– Titik 1 Jalan Pantai munggu, di mana pohon menghalangi badan jalan

Kecamatan Abiansemal

Titik 1 Di Desa Sibang
Titik 2 Pura Kepuh Banjar Kemulan Jagati
Titik 3 Pura Beji Semana

Rumah warga di Denpasar tergenang banjir

Sementara itu dikutip dari Tribun Bali, banjir dilaporkan masuk hingga ke dalam rumah warga.

Salah satu warga Kota Denpasar, Saiful mengatakan, rumahnya di Jalan Pulau Bungin 1 Nomor 14 Pedungan, Denpasar Selatan tergenang banjir sejak Senin pagi pukul 07.00 Wita.

Menurut Saiful, sumber banjir berasal dari selokan belakang rumahnya yang tersumbat.

“Awalnya dari dapur saya airnya masuk, lalu masuk ke ruang tamu sampai kamar. Kira-kira se-mata kaki orang dewasa tinggi genangannya”, kata, Saiful.

Dia menerangkan, kejadian ini pertama kalinya banjir masuk ke rumahnya di tahun 2021 pasca musim hujan di Kota Denpasar.

Beberapa barang-barang di rumahnya pun ikut terendam air, seperti TV, lemari dan kasur.

“Semua barang elektronik saya kena genangan air. Ini tumben airnya sampai masuk begini. Biasanya sampai dapur saja. Kalau hujannya masih sampai sore, ya alamat akan banjir”, tambahnya.

Sementara Ika Pujiati warga Kota Denpasar yang tinggal di Jalan Tukad Yeh Aya Gang IXH mengatakan rumahnya sudah tergenang banjir, bahkan setinggi betis orang dewasa.

“Airnya masuk ke rumah tadi pagi dan kira-kira tingginya sebetis orang dewasa. Cukup tinggi ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya”, kata dia.

Ia mengatakan air menggenangi rumahnya karena air sungai dekat rumahnya sudah meluap.

“Hujannya dari semalam kira-kira jam 19.00 Wita, terus airnya masuk ke rumah tadi pagi. Ini asalnya dari sungai dekat rumah yang sudah meluap karena hujan yang deras banget”, sambungnya.

[kompas]

Baca Juga

Menteri ESDM Klaim Premium Sepi Peminat, PKS: Stop Bohongi Publik!

DERAS.CO.ID – Pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif yang menyebut peminat …