Friday , August 12 2022
Beranda / Featured / Peringatan Dini! Akhir Pekan ini Asteroid Raksasa Mengancam Bumi

Peringatan Dini! Akhir Pekan ini Asteroid Raksasa Mengancam Bumi

DERAS.CO.ID – Sebuah asteroid raksasa dikabarkan akan mendekati Bumi pada akhir pekan ini, bernama 4660 Nereus, asteroid tersebut berukuran 330 meter dan dikabarkan lebih besar dari ukuran Menara Eiffel di Perancis.

Asteroid tersebut akan melesat dengan kecepatan 23.700 km/jam pada hari Sabtu (11/12/2021) mendatang. Live Science melaporkan jika obyek tersebut akan hadir tidak berdampak pada Bumi, dikutip Kamis (9/12/2021).

Pada hari Sabtu nanti, jarak Nereus dengan Bumi adalah 3,86 juta km dengan Bumi yang disebut lebih dekat dari yang tercatat selama 20 tahun. Namun memang masih lebih jauh dari jarak Bumi dan Bulan atau 10 kali lipat lebih lebar dari keduanya.

Asteroid tersebut pertama kali ditemukan 1982. Kabarnya Nereus menarik untuk ditambang sebab mengandung nikel, besi, dan kobalt senilai US$4,71 miliar atau sekitar Rp 68 triliun.

Nereus memang sering mampir mendekati Bumi setiap 10 tahun sekali. Bahkan karena terlalu sering, NASA dan badan antariksa Jepang Jaxa pernah merencanakan untuk mengumpulkan sampel dari asteroid tersebut.

Kedua lembaga tersebut merencanakan mengambil asteroid itu menggunakan pesawat antariksa milik Jaxa, Hayabusa. Namun akhirnya batal, Jaxa dan NASA memilih untuk meneliti asteroid yang berbeda.

Setelah hari Sabtu nanti, NASA memperkirakan Nereus akan mendekati Bumi pada 2 Maret 2031 dan November 2050. Jarak terdekat asteroid dengan Bumi akan terjadi pada 14 Februari 2060 yakni 1,2 juta km Bumi.

NASA menyebut setiap obyek luar angkasa yang berjarak dengan Bumi 120 juta mil atau 193 juta km adalah obyek dekat Bumi. Jika benda tersebut melintas dengan kecepatan 4,65 juta mil atau 7,5 juta km adalah berpotensi berbahaya.

Setelah menandai para benda langit itu, para astronom akan melakukan pemantauan. Ini termasuk mencari lintasan obyek yang diperkirakan menjadi jalur tabrakan dengan Bumi. [CNBC]

(*)

Baca Juga

Pangkas Rambut Gratis dan Sembako Murah, PPMI suport IWO Medan

DERAS.CO.ID – Medan, Federasi Serikat Pekerja Percetakan Penerbitan Media Informasi (PPMI) Kota Medan, yang disuport …