Friday , August 12 2022
Beranda / Featured / Dosen FE UMN Al Washliyah Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat
deras.co.id

Dosen FE UMN Al Washliyah Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat

Sari Wulandari, SE, M.Si,  selaku Dosen prodi Manajemen dan Murni Dahlena Nasution, SE, M.Ak selaku Dosen Prodi Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Tema “Peningkatan Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal Berbasis Syariah Pada Guru-guru SMK Swasta PAB 5 Klambir Lima”

Program PKM ini merupakan kegiatan tahunan bagi para Dosen yang mana merupakan salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tujuan Pelaksanaan PKM inin adalah untuk lebih meningkatkan Komunikasi baik guru kepada guru lain atau pun guru kepada murid dengan menyisipkan komunikasi yang berbasis syariah dengan harapan semua yang melakukan komunikasi ini dapat beretika lebih baik karena komunikasi yang baik terlihat dari cara-cara penyampaian serta proses yang benar.

Pada dasarnya komunikasi Interpersonal adalah komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih sedangkan komunikasi Intrapersonal adalah komunikasi atau pemikiran terjadi di dalam diri sendiri, sehingga dapat kita pahami bahwa komunikasi yang selama ini kita lakukan adalah bagian dari kedua jenis dari komunikasi ini.

Tahapan pertama dari pengabdian ini adalah penyampaian materi mengenai pengertian komunikasi, jenis-jenis, sistem, proses terjadinya komunikasi dan dilanjutkan dengan sesi diskusi,  yang mana sesi diskusilah yang membuat kegiatan semakin semangat, karena adanya umpan balik dari peserta pengabdian.

Kegiatan Peningkatan Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal Berbasis Syariah ini disambut dengan baik oleh para guru yang ada di SMK Swasta PAB 5 Klambir Lima. Terlihat dari antusiasme para guru dalam mendengarkan paparan materi yang saya sampaikan. Bahkan salah seorang Guru mata pelajaran Agama; Erwin beliau mengatakan “dengan adanya kegiatan ini dapat meotivasi para guru agar meningkatkan intensitas komunikasinya dengan sesama guru maupun murid dengan mengaitkan unsur syariah pada setiap pembicaraan”.

Harapan saya sebagai pemateri adalah dengan adanya kegiatan ini maka komunikasi antara guru dan murid di SMK Swasta PAB 5 Klambir Lima akan lebih maksimal dan memasukkan unsur-unsur syariah berkomunikasi.

 

Baca Juga

Pangkas Rambut Gratis dan Sembako Murah, PPMI suport IWO Medan

DERAS.CO.ID – Medan, Federasi Serikat Pekerja Percetakan Penerbitan Media Informasi (PPMI) Kota Medan, yang disuport …