Thursday , May 19 2022
Beranda / Featured / Ust Sakhira Zandi: Peristiwa Isra’ Mi’raj Dan Implementasinya Dalam Kehidupan

Ust Sakhira Zandi: Peristiwa Isra’ Mi’raj Dan Implementasinya Dalam Kehidupan

DERAS.CO.ID – Kegiatan program ULAMA dan UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber Ust. Dr. H. Sakhira Zandi, M.Si.  Tokoh Ulama dan Dosen UINSU Medan, yang disiarkan secara langsung dari YPSA pada Sabtu, (5/3/2022) di kanal Youtube YPSA TV. Beliau menyampaikan Peristiwa Isra’ Mi’raj dan Implementasinya dalam Kehidupan.

Dalam tausyiah yang disampaikan, beliau menyampaikan peristiwa Isra’Mi’raj terjadi pada malam hari, Rasulullah berangkat setelah sholat isya dan kembali ke bumi sebelum sholat subuh. Perjalanan yang sangat singkat tapi menempuh jarak ber mil-mil, berjalan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqso dan menuju ke sidratul muntaha dan pulang kembali ke bumi.

Peristiwa ini tidak bisa ditangkap oleh rasional akal manusia, Rasulullah sendiri pun bingung bagaimana peristiwa ini nanti ku sampaikan kepada manusia pasti tidak bisa diterima oleh akal manusia, setidaknya ada tiga kelompok umat yang merespon peristiwa itu. Yang pertama adalah kelompok yang mereka tidak beriman kepada Allah mereka benci dengan agama Allah yaitu Islam yaitu Abu Jahal, Abu Lahab dan para pembesar kafir quraisy Makkah.

Kelompok kedua adalah Mut’in bin Ali, kelompok ini sudah mengucapkan kalimat syahadat “Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah” dihadapah Allah lewat Rasulullah SAW sudah Islam kemudian dia murtad kembali karena tidak bisa menerima peristiwa tersebut tidak bisa diserap oleh akalnya bukan karena imannya.

Kemudian yang ketiga adalah seorang hamba Allah yaitu Abu Bakar Ash-Siddiq, Abu Bakarlah yang membenarkan peristiwa ini bahkan beliau mengatakan aku membenarkan sebelum dan sesudah peristiwa ini, oleh karena itu Rasulullah memberi gelar Ash-Siddiq kepada Abu Bakar dan menjadi Abu Bakar Ash-Siddiq.

Beliau juga mengatakan tidak semuanya peristiwa hidup ini bisa ditangkap oleh akal manusia tetapi harus juga ditangkap oleh keimanan kita. Peristiwa Isra’ Mi’raj ini adalah ujian keimanan bagi umat Muhammad yang terdahulu dan bagi umat Muhammad yang sekarang ini tentunya umat Islam, karena masih ada orang Islam yang tidak percaya dengan peristiwa ini karena tidak bisa diterima oleh akalnya.

Akhir dari peristiwa ini adalah pertama keimanan ini adalah segala-galanya, peristiwa Isra’ Mi’raj ini mengajarkan kepada kita ujian keimanan yang kedua Allah selalu berkehendak dalam hidup kita ini jika Allah sudah berkehendak maka lenyaplah kehendak manusia. oleh karena itu selalu berikhtiyar semaksimal mungkin tetapi jangan lupa bertawakkal kepada Allah, gantungkan harapan itu kembali kepada Allah bukan kepada makhluk.

Ketiga dengan peristiwa Isra’ Mi’raj ini membuka wawasan kepada generasi kita untuk mencintai sains dan teknologi, ilmu pengetahuan, knowledge ilmu apapun dia bisa bermanfaat bagi dirinya dan orang banyak khususnya umat Islam. Kemudian yang keempat dengan peristiwa Isra’ Mi’raj ini mari kita introspeksi sholat kita apakah sholat kita sudah benar dan tepat waktu mari kita introspeksi diri.

Program Ulama dan Umara Berbicara ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap hari Sabtu oleh YPSA melalui kanal Youtube YPSA TV sebagai bagian dari komitmen YPSA untuk menyiarkan program-program yang bermanfaat. Untuk dapat melihat seluruh seri program Ulama dan Umara Berbicara silakan subscribe di kanal Youtube YPSA TV.

(*)

Baca Juga

Simak Disini! 5 Cara Jitu Bakir Pasaman Wujudkan Prestasi Mentereng Pupuk Indonesia

PT Pupuk Indonesia berhasil mencatatkan prestasi di berbagai bidang. Prestasi ini merupakan wujud awal dari …