Friday , March 29 2024
Beranda / Featured / Resmi, Jokowi Gelar Prosesi Kendi Nusantara di Titik Nol IKN

Resmi, Jokowi Gelar Prosesi Kendi Nusantara di Titik Nol IKN

DERAS.CO.ID – Prosesi Kendi Nusantara resmi digelar di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Presiden Joko Widodo didampingi 34 pimpinan provinsi melaksanakan ritual itu.

Prosesi kendi Nusantara dimulai dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya untuk pertama kalinya di IKN Nusantara. Kemudian, satu per satu gubernur menyerahkan tanah dan air yang mereka bawa dari provinsi masing-masing.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi orang pertama yang menyerahkan tanah dan air ke Jokowi. Anies membawa tanah dari Kampung Akuarium, kampung di Jakarta Utara yang pernah digusur Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Tak semua provinsi diwakili oleh gubernur. Gubernur Papua Lukas Enembe absen. Papua diwakili pejabat eselon II, yaitu Asisten Bidang Administrasi Umum Sekda Papua Y. Derek Hagemur.

Tanah dan air yang disetor ke Jokowi langsung disatukan ke dalam sebuah gentong. Prosesi ini menjadi simbol penyatuan seluruh daerah Indonesia ke dalam IKN Nusantara.

Setelah kegiatan ini, Jokowi akan menanam pohon di lokasi ibu kota negara baru. Dia juga akan bermalam di lokasi tersebut bersama beberapa menteri dan kepala daerah.

(*)

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …