Thursday , May 19 2022
Beranda / Ekonomi / Pemerintah Percaya Diri Ekonomi 2022 Tumbuh Pesat Dikarenakan 3 Faktor…

Pemerintah Percaya Diri Ekonomi 2022 Tumbuh Pesat Dikarenakan 3 Faktor…

DERAS.CO.ID – Presiden Joko Widodo atau Jokowi yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2022 tumbuh lebih cepat karena tiga faktor, salah satunya karena Indonesia sudah mulai membangun Ibu Kota Negara (IKN) pada 2022 ini.

“Pengembangan IKN akan menjadi salah satu motor penggerak pertumbuhan perekonomian di Indonesia, utamanya Indonesia bagian timur”, kata dia dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2022 pada Selasa, 22 Maret 2022.

Jokowi pun mengajak para investor untuk berkontribusi pada pembangunan IKN ini. Ia mengundang para investor ikut menjadi bagian dalam perjalanan sejarah penting bangsa Indonesia ini.

Tahun 2021, ekonomi Indonesia tumbuh 3,69 persen atau lebih tinggi ketimbang 2020 yang sebesar 2,07 persen. Sementara di 2022 ini, asumasi makro di APBN 2022 menetapkan pertumbuhan ekonomi 5,2 persen.

Angka ini masih lebih rendah dari proyek International Monetary Fund (IMF). Lembaga ini telah memangkas proyek pertumbuhan ekonomi Indonesia 2022 dari semula 5,9 persen menjadi 5,6 persen.

Adapun faktor kedua yang disinggung Jokowi yaitu berlanjutnya hilirisasi dengan turunan produk yang lebih banyak. Ia yakin kebijakan ini akan investasi yang lebih besar dan membuka lapangan kerja yang semakin banyak.

Efek lainnya yaitu nilai ekspor akan terus meningkat, balance of payment terus membaik, dan fiskal moneter semakin kokoh. “Hal ini akan semakin memperkokoh fondasi perekonomian kita”, kata Jokowi.

Lalu terakhir yaitu pemerintah akan mempercepat pengembangan ekonomi hijau yang menjadi kekuatan ekonomi Indonesia. Jokowi menyebut alam Indonesia memberikan modal besar kepada kita untuk mengembangkan energi hijau yang murah.

Eks Wali Kota Solo ini menyebut kekuatan ini harus dioptimalkan untuk meningkatkan daya saing Indonesia di era ekonomi hijau ke depan.

“Listrik tenaga air, listrik tenaga bayu, listrik panas matahari, listrik panas bumi, sangat melimpah di negara kita Indonesia”, kata dia.

(*)

Baca Juga

Simak Disini! 5 Cara Jitu Bakir Pasaman Wujudkan Prestasi Mentereng Pupuk Indonesia

PT Pupuk Indonesia berhasil mencatatkan prestasi di berbagai bidang. Prestasi ini merupakan wujud awal dari …