Thursday , March 28 2024
Beranda / Featured / Pesawat China Eastern Airlines Jatuh, Penumpang Tak Ada yang Selamat

Pesawat China Eastern Airlines Jatuh, Penumpang Tak Ada yang Selamat

DERAS.CO.ID – Maskapai penerbangan China Eastern Airlines telah mengkonfirmasi ada korban jiwa dalam jatuhnya pesawat Boeing 737-800 kemarin. Pesawat dengan nomor penerbangan MU5735 itu mengangkut 132 orang penumpang.

“Perusahaan menyampaikan belasungkawa yang mendalam untuk penumpang dan anggota awak yang tewas dalam kecelakaan pesawat”, kata pihak China Eastern Airlines dalam sebuah pernyataan yang diterima AFP seperti dilansir dari Channel News Asia, Selasa, 22 Maret 2022.

Pesawat jet China Eastern Airlines ini jatuh setelah menabrak gunung di China selatan pada Senin, 21 Maret 2022. Kecelakaan terjadi tak lama setelah kehilangan kontak dengan kontrol lalu lintas udara dan jatuh ribuan meter hanya dalam tiga menit.

Menurut Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC), pesawat yang terbang dari kota Kunming ke pusat selatan Guangzhou kehilangan kontak udara di atas kota Wuzhou di wilayah Guangxi pada Senin sore.

Di Guangzhou, staf membantu keluarga penumpang yang menjadi korban dan sembilan awak pesawat. Tak ada informasi penerbangan apapun setelah pesawat turun dari ketinggian 7.925 meter hanya dalam waktu tiga menit.

Sebuah video yang disiarkan oleh beberapa media China muncul menunjukkan sebuah pesawat menukik secara vertikal. Belum ada verifikasi akan keaslian rekaman gambar tersebut.

Bencana itu memicu reaksi publik yang luar biasa cepat. Presiden China Xi Jinping mengatakan terkejut dan memerintahkan penyelidikan segera dilakukan atas penyebab kecelakaan. Jinping juga menyerukan maskapai penerbangan benar-benar memperhatikan keamanan, menurut CCTV.

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS mengatakan telah menunjuk seorang penyelidik senior sebagai perwakilan untuk penyelidikan pesawat jatuh tersebut. Pejabat dari Boeing, General Electric dan Administrasi Penerbangan Federal juga akan menjadi penasihat teknis.

(news asia)

Baca Juga

deras.co.id

Jika Otak Pelaku Pembunuhan Deni Pratama Ditangkap, Citra Polisi Akan Kembali Baik

DERAS.CO.ID – Medan – Jika otak pelaku pembakaran terhadap almarhum Deni Pratama (32) hingga tewas …