Friday , March 29 2024
Beranda / Featured / Diduga Tak Penuhi Hak Pekerja Romo Syafi’i Dilaporkan ke MKD DPR

Diduga Tak Penuhi Hak Pekerja Romo Syafi’i Dilaporkan ke MKD DPR

DERAS.CO.ID – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Romo Muhammad Syafi’i dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR terkait dugaan tak memenuhi hak pekerjanya sesuai ketentuan aturan perundang-undangan.

Laporan itu dilayangkan oleh mantan pekerjanya Wahyu Kurnia dan kuasa hukumnya, Tuseno, pada Jumat (25/3/2022).

Tuseno mengatakan pihaknya melaporkan Romo Syafi’i terkait dugaan pelanggaran UU Ketenagakerjaan. Menurutnya, kliennya tak diberikan hak BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan oleh pihak Romo selama bekerja.

“Maksud dan tujuan kami membuat pengaduan di MKD ini adalah agar anggota DPR yang terhormat di komisi hukum yang kami ketahui ya, seharusnya dalam kode etik atau mematuhi hukum, ternyata pada pelaksanaannya tidak mematuhi hukum bahkan melanggar hukum”, kata Tuseno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Jumat (25/3/2022).

Tuseno menyebutkan, pihaknya menyertakan sejumlah bukti terkait aduan dugaan pelanggaran kode etik Romo Syafi’i dalam laporan yang dilayangkan ke MKD.

“Bukti-bukti tersebut berupa laporan polisi, bukti-bukti terkait masalah ketenagakerjaan misalnya gugatan di pengadilan, panggilan sidang, surat pemberhentian”, katanya.

Selain ke MKD DPR, Romo Syafi’i juga dilaporkan ke Majelis Etik dan Kehormatan Partai Gerindra.

Habiburokhman mencoba menghubungi Sakil Ketua MKD DPR sekaligus Ketua Majelis Kehormatan Partai Gerindra untuk meminta tanggapannya terkait laporan terhadap Romo Syafi’i ini. Namun Habiburokhman belum memberikan respons hingga berita ini diturunkan.

Anak Romo Syafi’i yang juga pengurus Yayasan Rumah Aspirasi Romo Center, Khalil, mengatakan Wahyu bukan pekerja.

Menurutnya, Wahyu selama ini hanya sebagai relawan. Dia juga bakal melaporkan balik Wahyu.

“Bahwa Wahyu selama ini berpartisipasi dalam sebuah perkumpulan atau Tim Rumah Aspirasi Anggota DPR Romo Syafi’i yang biasa disebut Rumah Aspirasi Romo Center adalah sebagai relawan. Tidak pernah dia kita minta untuk datang, tidak pula pernah Wahyu melamar pekerjaan”, kata Khalil seperti dikutip detikcom, Jumat (25/3/2022).

(*)

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …