Wednesday , May 18 2022
Beranda / Featured / Ust Muzakkir: Meraih Keberkahan Ramadhan
Ust. Muzakkir, Ulama dan Umara Berbicara

Ust Muzakkir: Meraih Keberkahan Ramadhan

YPSA.ID – Kegiatan program ULAMA dan UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber Ust. Prof. Dr. H. Muzakkir, M.A.  Guru Besar UINSU Medan, yang disiarkan secara langsung dari YPSA pada Sabtu, (26/3/2022) di kanal Youtube YPSA TV. Beliau menyampaikan pentingnya meraih keberkahan Ramadhan.

Dalam tausyiah yang disampaikan, beliau menyampaikan dalam persepektif Al-Quran dalam pendekatan kajian-kajian sufistik ada empat hal yang harus kita lakukan dan inilah merupakan mujahada kita maka bulan Ramadhan itu disebut Syahrul Mujahada yaitu bulan yang penuh dengan perjuangan dan pengorbanan.

Keberkahan dan kebahagian Ramadhan itu dapat kita raih dengan melakukan empat hal yaitu.

Pertama yang harus kita lakukan itu adalah Tazkiyatun Nafs  yaitu melakukan penyucian jiwa. Tazkiyatun Nafs  itu substansinya meliputi tigal hal yaitu menjaga Al-Aqli (Hifzu Aqli) adalah bagaimana kita menjaga akal kita jangan sampai akal kita kita ini terkontaminasi dengan racun.

Banyak hal yang dapat merusak kecerdasan intelektual kita ini, bisa saja karena narkoba, khomar minuman keras atau zat-zat kimia yang sangat berbahaya itu. Jadi nanti dengan latihan puasa ramadhan kita harus bisa mencerdaskan intelektual kita, berfikir positif dalam menjalani kehidupan ini dan membangun kreatifitas berfikir.

Kemudian yang kedua dari Tazkiyatun Nafs menjaga hati (Hifzu Qolbu) yaitu menghindari dari penyakit-penyakit hati seperti dengki, hasad dan lain-lain. Kemudian yang ketiga dari Tazkiyatun Nafs adalah memerangi atau melawan hawa nafsu kita (Gozwul Nafs).

Kedua yang kita lakukan adalah Taqarrub Ilallah (mendekatkan diri kepada Allah). Bulan Ramadhan banyak-banyak mendekatkan diri kepada Allah dengan cara perbanyak amal ibadah dan amal sholeh.

Ketiga Tahalluq Bi Akhlaqil Karimah (hiduplah dengan akhlah mulia). Salah satu krisis bangsa ini atau krisis masyarakat dunia ini adalah jauh dari nilai-nilai etika moral, etika moral ini akan terwujud kalau manusianya bertauhid.

Kemudian yang keempat keberkahan Ramadhan yang mendatangkan kebahagian bagi kita adalah Ilmul Hakiki (ilmu yang hakiki atau hakekat ilmu). Hakikat dari pada ilmu itu cahaya (nur), semakin banyak ilmu yang kita dapatkan itu menambahkan kerendahan hati dalam hidup ini.

Beliau juga mengatakan kalau mujahada Ramadhan itu kita lakukan dengan niat yang ikhlas karena Allah dan apapun yang kita lakukan kita kembalikan kepada Allah maka InsyaAllah pada akhirnya Ramadhan itu mengantarkan kita Idul Fitri kembali kepada fitrah kesucian seperti manusia-manusia baru tanpa ada dosa, dengan kehidupan yang baru, lembaran yang baru dan peradaban yang baru dalam kehidupan manusia itulah keberkahan Ramadhan.

Program Ulama dan Umara Berbicara ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap hari Sabtu oleh YPSA melalui kanal Youtube YPSA TV sebagai bagian dari komitmen YPSA untuk menyiarkan program-program yang bermanfaat. Untuk dapat melihat seluruh seri program Ulama dan Umara Berbicara silakan subscribe di kanal Youtube YPSA TV.

(ypsa/drs)

Baca Juga

Simak Disini! 5 Cara Jitu Bakir Pasaman Wujudkan Prestasi Mentereng Pupuk Indonesia

PT Pupuk Indonesia berhasil mencatatkan prestasi di berbagai bidang. Prestasi ini merupakan wujud awal dari …