Beranda / Featured / Ust Azhari Akmal Tarigan: Idul Fitri Sebagai Peningkat Etos Kerja Dan Kreatifitas
Ulama dan Uamara Berbicara Ust Azhari Akmal Tarigan bersama narasumber YPSA Afrizal Erdi

Ust Azhari Akmal Tarigan: Idul Fitri Sebagai Peningkat Etos Kerja Dan Kreatifitas

DERAS.CO.ID – Kegiatan program ULAMA dan UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber Ust. Dr. H. Azhari Akmal Tarigan, M.A.  Dosen UINSU Medan, yang disiarkan secara langsung dari YPSA pada Sabtu, (14/5/2022) di kanal Youtube YPSA TV. Beliau menyampaikan Idul Fitri sebagai peningkat etos kerja dan kreatifitas.

Dalam tausyiah yang disampaikan, beliau menyampaikan Allah Subhana wata’ala tidak hanya melihat apa yang kita kerjakan tetapi juga melihat dampak, efek dari perbuatan itu. Allah melihat bekas, akibat atau pengaruh dari segala macam perbuatan yang kita hasilkan dimuka bumi ini.

Cara pandangnya adalah dengan melihat kedepan berbeda dengan track record, track record adalah rekam jejak. Kalau rekam jejak semua orang memiliki rekam jejaknya masing-masing positif atau negatif, ketika rekam jejaknya negatif kemudian seseorang itu bertaubat maka rekam jejak negatifnya bisa terhapus artinya diampuni oleh Allah Subhana wata’ala, tetapi yang Allah maksud adalah yang kita lakukan hari ini juga harus diperhitungkan dampak akibatnya kedepan, jadi cara pandangnya dengan melihat kedepan apa efek dari perbuatan yang kita lakukan tersebut.

Allah tidak hanya memberi penilaian atas ibadah yang kita lakukan hari ini tetapi juga dampaknya dari ibadah yang kita lakukan. Ketika kita mengajarkan kebaikan kepada orang lain kemudian kebaikan yang kita ajarkan itu diamalkan dan dipraktekkan oleh orang tersebut di masa depan maka efeknya juga akan kembali kepada kita.

Sebaliknya jika seseorang itu mengajarkan keburukan kepada orang lain, kemudian keburukan itu dipraktekkan dan diamalkannya malah diajarkan pula kepada generasi orang berikutnya walaupun nantinya kita sudah meninggal dunia maka kita harus bertanggung jawab kepada Allah dengan keburukan yang kita ajarkan kepada orang lain tersebut.

Beliau juga mengatakan dalam konteks ini Islam itu meminta kita dalam melakukan sesuatu bukan hanya mempertimbangkan kekiniannya saja dalam ruang dan waktu dimana kita berada tetapi juga harus melihatnya ke masa depannya itu.

Program Ulama dan Umara Berbicara ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap hari Sabtu oleh YPSA melalui kanal Youtube YPSA TV sebagai bagian dari komitmen YPSA untuk menyiarkan program-program yang bermanfaat. Untuk dapat melihat seluruh seri program Ulama dan Umara Berbicara silakan subscribe di kanal Youtube YPSA TV.

(drs)

Baca Juga

Perbedaan Haji Furoda, Haji Plus dan Haji Reguler

DERAS.CO.ID -Peristiwa calon haji yang tak diterima masuk ke Arab Saudi lantaran memakai visa haji …