Beranda / Featured / Muhammad Rezvan Muttaqi Kelas 7LS YPSA : Kesabaran

Muhammad Rezvan Muttaqi Kelas 7LS YPSA : Kesabaran

DERAS.CO.ID – Kegiatan kultum atau ceramah singkat yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) yang diisi oleh siswa YPSA Muhammad Rezvan Muttaqi Kelas 7LS, yang dilaksanakan rutin setiap selesai shalat zhuhur, Senin (23/5/2022) dengan tema “Kesabaran”.

Kegiatan kultum atau ceramah singkat ini selain melatih siswa-siswa  YPSA berani tampil di depan khalayak orang banyak, juga melatih daya fahamnya atau kefahamannya tentang apa yang disampaikannya tersebut sampai sejauh mana siswa tersebut dapat menyerap materi yang disampaikannya itu.

Kegiatan kultum atau ceramah singkat ini juga disampaikan dalam tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Inggris dan bahasa Arab.

Dalam ceramahnya yang disampaikan, Muhammad Rezvan Muttaqi atau yang akrab dipanggil Rezvan menyampaikan tentang makna atau arti dari kesabaran. Di dalam Alqur’an dan Hadist banyak ditemukan tentang makna atau arti dari kesabaran.

Dalam Al-Qur’an disebutkan   () يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ 

yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar, (QS: Al Baqarah: 153)”.

Sabar berasal dari bahasa Arab sobaru yasbiru yang berarti menahan. Arti dari kata menahan cukup luas, misalnya menahan dari tidak makan dan minum di bulan puasa dari terbit matahari sampai terbenam matahari. Sabar juga dapat terlihat dalam prilaku seseorang, misalnya tidak marah-marah atau emosi dan membalas perbuatan jahat orang lain.

Program kultum atau ceramah singkat ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap hari setelah selesai shalat zhuhur oleh YPSA melalui kanal Youtube YPSA TV sebagai bagian dari komitmen YPSA untuk menyiarkan program-program yang bermanfaat. Untuk dapat melihat seluruh kegiatan siswa-siswa YPSA silakan subscribe di kanal youtube YPSA TV.

Silahkan ditonton videonya sampai selesai

(*)

Baca Juga

Perbedaan Haji Furoda, Haji Plus dan Haji Reguler

DERAS.CO.ID -Peristiwa calon haji yang tak diterima masuk ke Arab Saudi lantaran memakai visa haji …