Beranda / Featured / Ust Dr. H. Hasan Matsum, M.A: Peran MUI Membangun Kemaslahatan Umat

Ust Dr. H. Hasan Matsum, M.A: Peran MUI Membangun Kemaslahatan Umat

YPSA.ID – Kegiatan program ULAMA dan UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber Ust. Dr. H. Hasan Matsum, M.A.   Ketua MUI Kota Medan, yang disiarkan secara langsung dari YPSA pada Sabtu, (28/5/2022) di kanal Youtube YPSA TV. Beliau menyampaikan Peran MUI Membangun Kemaslahatan Umat.

Dalam tausyiah yang disampaikan, beliau menyampaikan ada enam peran MUI diarahkan membangun kemaslahatan umat. Pertama peran itu adalah MUI atau pengurus MUI adalah sebagai pelanjut dari tugas kenabian. Ulama adalah pewaris nabi, para nabi itu tidak meninggalkan tidak mewariskan dirham dan dinar tetapi seorang nabi atau para nabi itu hanya mewariskan ilmu pengetahuan.

Syarat untuk menjadi pengurus MUI itu minimal  seseorang itu harus memahami konsep keilmuan tentang Islam, pertama dia harus memahami tentang aqidah, yang kedua dia harus mengetahui ilmu syariat Islam dan yang ketiga harus memahami konsep-konsep akhlak.

Peran MUI membangun kemaslahatan umat yang kedua adalah peran Mufti atau peran memberi fatwa, ini adalah berat karena fatwa itu hasil ijtihad, ijtihad itu adalah harus mampu menumpahkan segala kemampuan kesungguhan untuk menetapkan suatu hukum. Maka dari itu harus sangat berhati-hati dalam menetapkan suatu hukum.

Peran MUI membangun kemaslahatan umat yang ketiga adalah pelayan dan pembimbing umat. Peran MUI melayani umat dalam segala hal dan membimbing umat untuk kebaikan umat itu sendiri.

Peran MUI membangun kemaslahatan umat yang keempat adalah menggerakkan Ishlah watajdid yaitu memperbaiki dan memperbaharui atau pembaharuan. Maksudnya adalah memperbaiki yang salah dan melakukan pembaharuan-pembaharuan terhadap kemaslahatan umat.

Peran MUI membangun kemaslahatan umat yang kelima adalah sebagai penggerak amar ma’ruf nahi mungkar, yaitu mengajak umat untuk melakukan perbuatan yang baik dan mengajak umat untuk mencegah dan melarang dari perbuatan keji dan mungkar. Ini adalah peran MUI sebagai kemaslahatan umat.

Peran MUI membangun kemaslahatan umat yang keenam adalah peran qiyadatul umat yaitu peran kepemimpinan. Peran ini MUI bersinergi dengan ormas-ormas Islam yang ada untuk membangun kemaslahatan umat.

Program Ulama dan Umara Berbicara ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap hari Sabtu oleh YPSA melalui kanal Youtube YPSA TV sebagai bagian dari komitmen YPSA untuk menyiarkan program-program yang bermanfaat. Untuk dapat melihat seluruh seri program Ulama dan Umara Berbicara silakan subscribe di kanal Youtube YPSA TV.

(*)

Baca Juga

Perbedaan Haji Furoda, Haji Plus dan Haji Reguler

DERAS.CO.ID -Peristiwa calon haji yang tak diterima masuk ke Arab Saudi lantaran memakai visa haji …