Thursday , March 28 2024
Beranda / Featured / Gempa Tektonik 4,2 Guncang Pinangsori Sibolga Sumut

Gempa Tektonik 4,2 Guncang Pinangsori Sibolga Sumut

DERAS.CO.ID – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,2 mengguncang wilayah Pinangsori-Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (2/6/2022) pukul 07:26:40 WIB. Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar Toru.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Darmawan mengatakan episenter terletak pada koordinat 1.66 LU dan 99.18 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km Barat Laut Tapanuli Selatan – Sumut pada kedalaman 2 kilometer.

“Hingga pukul 07:55 WIB, hasil monitoring BMKG tidak ada aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)”, ujarnya.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pinangsori – Sibolga skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut”, paparnya.

Darmawan mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi”, pungkasnya.

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …