Monday , July 15 2024
Beranda / Featured / Tim Dosen Unimed Dorong Produk Kuliner Terstandarisasi Melalui Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM)

Tim Dosen Unimed Dorong Produk Kuliner Terstandarisasi Melalui Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM)

DERAS.CO.ID – Tim dosen Universitas Negeri Medan melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) untuk membantu masyarakat mitra yaitu usaha rumah tangga Next Generation Cincau (NGC) dan Café Dikopipasti dalam menuntaskan masalah yang dihadapinya yaitu masalah peningkatan nilai penjualan produk.

Produk yang dihasilkan oleh mitra merupakan produk hilirisasi hasil penelitian yang ada di jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Medan, yang dikembangkan oleh mahasiswa yang sekarang sudah alumni sebagai bentuk wirausaha kuliner sehat berupa minuman cincau untuk kesehatan yang diberi nama Next Generation Cincau (NGC).

Dalam upaya mengembangkan usaha ini mitra ingin dibantu dalam peningkatan produksi, standarisasi produk untuk memperluas pasar yang sudah terbangun selama ini, sehingga bisa mendapatkan kepercayaan yang lebih lagi dari konsumen dan dikembangkan lebih lanjut menjadi industri kecil dan menengah bukan hanya usaha rumah tangga.

Kegiatan program kemitraan ini melibatkan dosen dari 3 fakultas yaitu FMIPA, FIK dan Fakultas Teknik. Pada kesempatan ini mitra diberikan pembekalan berupa Program pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan produksi dan standarisasi produk yang secara khusus diberikan oleh Narasumber Dr. Diky Setya Diningrat (Ketua Pelaksana) dan Dr. dr. Novita Sari Harahap, M. Kes. Program pendampingan standarisasi produk yang disampaikan secara berkala oleh Alin Anggreni Ginting, S.Pd., M.Kes, dr. Zulfhari dan Dodi Taufik Absor Sibuea, M.Pd. Sementara materi digitalisasi UKM untuk pemasaran produk diberikan oleh Prof. Dr. Abdul Muin Sibuea dan Bagoes Maulana, M.Kom.

Kegiatan ini sudah dilaksanakan dari Maret 2022 yang diawali dengan kegiatan FGD untuk menggali kebutuhan mitra dan puncaknya pada tanggal 30 Juni 2022 dengan kegiatan serah terima alat TTG untuk mempercepat proses perkembangan usaha mitra yaitu berupa laptop dan smartphone.

Acara ini juga disaksikan oleh Tim Pendamping dari LPPM Unimed. Pihak mitra sangat berterima kasih atas program pendampingan ini dan berharap bahwa usahanya ini dapat berkembang menjadi franchise yang bisa bersaing dengan usaha minuman serupa.

Tim dosen PKM dan LPPM Universitas Negeri Medan sangat mendukung penciptaan lapangan pekerjaan melalui program kemitraan dengan mitra yang dapat menciptakan lapangan kerja. Mendukung juga standarisasi produk wirausaha agar terstandarisasi halal, BPPOM dan Dinkes agar produk tersebut aman konsumsi dan bisa bersaing secara global.

Program Kemitraan Masyarakat ini merupakan wujud dari tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Pada kegiatan ini juga dilibatkan mahasiswa untuk memberikan pengalaman terjun langsung kepada masyarakat. Semoga Unimed dan masyarakat wirausaha makin berjaya dan membangkitkan ekonomi bangsa.

(*)

Baca Juga

deras.co.id

SDN 106174 Salabulan, Sibolangit Hanya Punya 26 Siswa, 1 Murid di Kelas VI

DERAS.CO.ID – SIBOLANGIT | UPT SPF (Satuan Pendidikan Formal) SD Negeri 106174 Salabulan, Kecamatan Sibolangit, …