Friday , September 30 2022
Beranda / Featured / Ust Latif Khan: Problematika Umat Islam dan Solusinya
Ulama dan Uamara Berbicara Ust. Latif Khan bersama narasumber YPSA Ust. Abdurrohim Harahap

Ust Latif Khan: Problematika Umat Islam dan Solusinya

DERAS.CO.ID – Kegiatan program ULAMA dan UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber Ust. Latif Khan, S.Ag. yang disiarkan secara langsung dari YPSA pada Sabtu, (16/7/2022) di kanal Youtube YPSA TV. Beliau menyampaikan problematika umat dan solusinya.

Dalam tausyiah yang disampaikan, beliau menyampaikan berbicara tentang problematika umat dan solusinya adalah kita kembali kepada problem internal umat kita. Ada beberapa point atau catatan yang bisa kita amati dari problem internal yang menimpa umat Islam ini.

Problem internal yang menimpa umat Islam saat ini pertama mengubah mainset mereka atau pola pokir mereka khsusunya umat Islam, Alquran menjelaskan secara jelas tentang masalah ini.

إِنَّ اللهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”, (QS: Ar-Ra’d: 11).

Menjelaskan bahwa Alla tidak akan ikut serta dalam mengubah keadaan suatu umat, disini dikatakan umat Islam, sampai mereka mengubah diri mereka sendiri dalam arti kata mengubah mainset mereka atau pola pikir umat Islam, diawali dengan cara bagaimana mereka memandang diri mereka sendiri.

Problem internal yang menimpa umat Islam yang kedua adalah lemah dalam pendidikan atau pembinaan. pendidikan atau pembinaan itu sangat penting bagi umat, karena pintar dalam mengajar belum tentu pandai dalam mendidik.

“Sering kita lihat banyak sekolah-sekolah agama diajarkan tentang agama tapi tidak di didik agama disitu, sehingga jangan heran kalau sang pengajar terjebak dalam LGBT padahal dia sedang mengajarkan haramnya LGBT misalnya. Kenapa itu terjadi karena dia bukan seorang pendidik”, tambah ust Latif.

Problem internal yang menimpa umat Islam yang ketiga adalah problem faktor ekonomi. Kemudian yang keempat terakhir adalah problem politik.

Program Ulama dan Umara Berbicara ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap hari Sabtu oleh YPSA melalui kanal Youtube YPSA TV sebagai bagian dari komitmen YPSA untuk menyiarkan program-program yang bermanfaat. Untuk dapat melihat seluruh seri program Ulama dan Umara Berbicara silakan subscribe di kanal Youtube YPSA TV.

(*)

Baca Juga

deras.co.id

Kerap Terendam Banjir, Jalan Marelan Raya Rusak Parah

DERAS.CO.ID – Belawan – Meski beberapa pekan lalu sempat ditimbun dengan menggunakan pasir batu oleh …