Thursday , March 28 2024
Beranda / Featured / Desa Wisata Dinilai Jadi Solusi Bangkitkan Ekonomi Pascapandemi
deras.co.id

Desa Wisata Dinilai Jadi Solusi Bangkitkan Ekonomi Pascapandemi

Jakarta – Langkah kolaborasi dinilai diperlukan untuk mempromosikan setiap potensi daerah dan desa dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyatakan pelestarian setiap destinasi wisata patut ditingkatkan untuk menarik semakin banyak pengunjung.

Hal itu disampaikan Lestari saat membuka secara virtual ‘Sosialisasi Peningkatan Kualitas Pengelolaan dan Jejaring Desa Wisata’ yang digelar Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, hari ini.

“Desa wisata dan kampung tematik merupakan solusi potensial bagi pemulihan ekonomi masyarakat pascapandemi. Perpaduan desa terbaik dengan pariwisata dapat menciptakan peluang sekaligus mendorong pembangunan berkelanjutan,” kata Lestari dalam keterangannya, Selasa (13/9).

Menurut Lestari, desa bisa menjadi potensi tujuan wisata melalui kekayaan yang dimiliki meliputi bentangan alam, keanekaragaman hayati dan budaya, aktivitas lokal dan adat istiadat, serta nilai moral termasuk gastronomi.

Lestari menilai, desa wisata merupakan pendorong yang kuat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan dan menggeliatnya ekonomi lokal.

Anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu menyatakan upaya membangun jejaring desa wisata harus menjadi gerak perubahan yang diinisiasi oleh masyarakat untuk berkembang, maju, dan mandiri melalui wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata religi dan wisata buatan.

Ia menyebut pengembangan tata kelola desa wisata mesti dimulai dari kemauan untuk mendorong pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, lanjutnya, sosialisasi pengelolaan desa wisata dan kawasan-kawasan wisata harus ditempatkan dalam koridor pembelajaran aktif dan peningkatan kreativitas.

Menurutnya, pembelajaran memungkinkan setiap pelaku wisata dan pengembang desa wisata menemukan cara-cara efektif untuk mengelola setiap potensi desa melalui berbagai inovasi.

Ia meyakini keragaman budaya dan kekayaan alam di Indonesia memungkinkan terwujudnya inovasi pariwisata dan ekonomi kreatif secara berkelanjutan.

“Kemunculan desa wisata mampu menjadi salah satu ruang pemulihan untuk kembali menggerakkan ekonomi masyarakat melalui kemampuan adaptif dan dinamis menuju kebangkitan ekonomi yang berkelanjutan,” pungkasnya.

 

Sumber: hariansib.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …