Tuesday , December 6 2022
Beranda / Bisnis / Sepeda Listrik, Era Baru Transportasi Kota Bogor
deras.co.id

Sepeda Listrik, Era Baru Transportasi Kota Bogor

Medan – Pemerintah Kota Bogor, telah menyiapkan 665 sepeda listrik untuk disewakan kepada masyarakat. Wali Kota Bogor, Bima Arya menegaskan, sepeda listrik merupakan awal dari perpindahan moda transportasi berbahan bakar fosil ke tenaga listrik.

Bima Arya menerangkan, penyewaan sepeda listrik tersebar di 100 titik. Di antaranya Jalan Ahmad Yani, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalur Sistem Satu Arah (SSA) Kota Bogor.

“Untuk tahap awal ini ada 100 titik tempat penyewaan sepeda listrik di Kota Bogor dengan armada yang disiapkan sebanyak 665 unit,” kata Bima Arya, Minggu (25/9).

Menurut Bima Arya, sepeda listrik hasil kerja sama dengan PT Beam Mobility Indonesia ini, mampu menempuh jarak hingga 60 kilometer dan membawa beban hingga 200 kilogram.

Jika menyewa sepeda, pengguna juga mendapatkan perlengkapan keselamatan berkendara yang telah disiapkan pada setiap unit sepeda.

“Kerja sama pengadaan sepeda listrik ini dilakukan untuk mendorong Kota Bogor menuju transportasi yang ramah lingkungan dengan membiasakan warga menggunakan transportasi listrik,” tegas Bima Arya.

Pahami Aturannya

Bima Arya mengimbau agar penggunaan sepeda listrik ini digunakan di jalur sepeda yang sudah tersedia di Kota Bogor.

“Kita akan mendorong penggunaan kendaraan listrik mulai tahun ini di Kota Bogor. Kita bermitra dengan Beam untuk membuat warga Bogor terbiasa dengan kendaraan listrik. Harganya ini terjangkau bagi warga Bogor yang mau kerja, mau yang jalan-jalan mangga silakan,” katanya.

Kota Bogor menjadi kota pertama di Indonesia yang dipilih oleh PT Beam Mobility Indonesia untuk melakukan kerja sama menyediakan sepeda listrik.

Head Of Public Affairs & Government Relation PT Beam Mobility Indonesia, Ady Muzadi mengatakan penggunaan sepeda listrik ini sangat mudah dan terjangkau.

“Caranya se-simple dengan kita men-download dulu aplikasi Beam selanjutnya kita melakukan scan barcode yang ada di sepedanya dan bisa langsung dipakai. Pembayaran bisa pakai digital payment, seperti shopeepay, gopay dan debit dan lain-lain,” ujarnya.

Dari sisi keamanan pihak PT Beam Mobility Indonesia juga menyediakan asuransi bagi penggunanya.

Sehingga ketika terjadi sesuatu di jalan saat masyarakat menggunakan sepeda listrik itu sudah terlindungi oleh asuransi.

“Dan ini sudah dirancang khusus sehingga ini hanya bisa digunakan di 100 titik di wilayah Kota Bogor. Jadi jika melintasi batas kabupaten itu tidak bisa,” katanya.

 

Sumber: merdeka.com

Baca Juga

deras.co.id

Gunung Semeru Masih Luncurkan Awan Panas, Pengungsi Mulai Sesak Napas

DERAS.CO.ID – Kondisi Semeru usai erupsi masih meluncurkan guguran awan panas sejauh 1.000 meter dari …