Wednesday , February 8 2023
Beranda / Featured / Punya Gaji Besar Tapi Dapat BSU, Siap-Siap Kena Sanksi
deras.co.id

Punya Gaji Besar Tapi Dapat BSU, Siap-Siap Kena Sanksi

DERAS.CO.ID – Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi mengatakan Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 tahap keempat akan disalurkan pada Senin (3/10) yang akan diberikan kepada para pekerja. Buruh yang memenuhi persyaratan dan ketentuan dari Kementerian Ketenagakerjaan.

“Awal minggu depan cair,” kata Sanusi kepada Merdeka.com di Jakarta, Jumat (30/9).

BSU tahun 2022 telah disalurkan hingga tahap ketiga ke 7.077.550 pekerja/buruh atau 48,3 persen. Pada tahap pertama BSU 4.112.052 pekerja, kemudian tahap kedua sebanyak 1.607.776 pekerja, dan tahap ketiga 1.375.772 penerima.

Namun, masih ada masyarakat yang bertanya-tanya mengapa gaji yang lebih besar atau tidak sesuai dengan ketentuan dari Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 10 Tahun 2022. Untuk menjawab hal tersebut, dikutip dari instagram resmi @Kemanker, bagi pekerja/buruh yang tidak sesuai datanya kemudian tetap mendapatkan BSU ada sanksinya.

Berikut sanksi yang ditetapkan oleh Kemenaker:

1. Pengusaha atau pemberi kerja tidak memberikan data yang sebenarnya, pengusaha atau pemberi kerja dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2. Dalam hal penerima BSU tidak memenuhi persyaratan dan telah menerima BSU, penerima BSU wajib mengembalikan BSU yang telah diterima ke rekening kas negara melalui sistem penerimaan secara elektronik.

“Padahal gajinya besar dan tidak sesuai ketentuan, tapi dapat BSU 2022 ini, ini ketentuannya ya Rekanaker,” tulis akun @Kemanker, Minggu (2/10).

 

 

Sumber: merdeka.com

Baca Juga

deras.co.id

Polisi Dikabarkan Tangkap Sembilan Terduga Pelaku Penembakan Mantan Anggota DPRD Langkat

DERAS.CO.ID – Langkat – Tim gabungan Polda Sumut dan Polres Langkat disebut-sebut menangkap sembilan pelaku …