Tuesday , December 6 2022
Beranda / Featured / Strategi Mewujudkan Generasi Yang Berkualitas
Ulama dan Uamara Berbicara bersama narasumber Ust. Maratua Simanjuntak dan pembawa acara YPSATV Abdurrohim Harahap

Strategi Mewujudkan Generasi Yang Berkualitas

DERAS.CO.ID – Kegiatan program ULAMA dan UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber Ust. Dr. H.  Maratua Simanjuntak, M.A.  Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara, yang disiarkan secara langsung dari YPSA pada Sabtu, (3/9/2022) di kanal Youtube YPSA TV. Beliau menyampaikan strategi mewujudkan generasi yang berkualitas.

Dalam tausyiah yang disampaikan, beliau menyampaikan generasi yang berkualitas itu adalah orang yang kuat imannya dan berilmu pengetahuan, kemudian orang yang berkualitas itu senang menolong orang lain sebagaimana Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no: 3289).

kemudian jujur dalam bertindak, oleh karena itu berkualitas itu tidak bisa dipisahkan antara iman dan imtaq. Jikalau orang itu mampu, cerdik dan cerdas tetapi tidak jujur bukan itu kualitas yang dimaksud.

Generasi yang berkualitas itu dia bangga terhadap bangsanya, bangga dilahirkan di tanah airnya dan bangga menjadi warga tanah airnya. oleh karena itu generasi yang berkualitas itu adalah beriman, berilmu dan bertaqwa.

Al-Qur’an menjelaskan

وَلْيَخْشَ الَّذِيْنَ لَوْ تَرَكُوْا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعٰفًا خَافُوْا عَلَيْهِمْۖ فَلْيَتَّقُوا اللّٰهَ وَلْيَقُوْلُوْا قَوْلًا سَدِيْدًا

“Hendaklah merasa takut orang-orang yang seandainya (mati) meninggalkan setelah mereka, keturunan yang lemah (yang) mereka khawatir terhadapnya. Maka, bertakwalah kepada Allah dan berbicaralah dengan tutur kata yang benar (dalam hal menjaga hak-hak keturunannya)” (QS: An-Nisa[4]: 9).

Generasi muda yang berkualitas itu adalah generasi yang cerdas dan mampu mengeluarkan ide-ide yang kreatif. Orang yang bisa jadi pemimpin itu adalah orang yang punya ide-ide jika orang tersebut tidak mempunyai ide tidak punya pemikiran-pemikiran, tidak punya kreasi orang tersebut hanya bisa menjadi pelaksana atau petugas, pegawai, staf dan lain sebagainya. tentunya pemimpin yang cerdas itu, kreatif itu adalah sesuai dengan syariat Islam.

Generasi yang berkualitas itu adalah mandiri dengan adanya kualitas sumber daya manusianya, sumber daya manusia itu harus diisi dengan ilmu pengetahuan, iman dan taqwa untuk menghasilkan ekonomi yang mumpuni.

Beliau juga mengatakan generasi yang berkualitas itu adalah orang yang berakhlak mulia. Perbedaan akhlak mulia dengan bermoral mulia, kalau bermoral itu tergantung pada situasi dan kondisi tetapi kalau akhlak tidak bergantung pada situasi dan kondisi sampai kapan pun dimana pun orang tersebut tetap berakhlak mulia.

Program Ulama dan Umara Berbicara ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap hari Sabtu oleh YPSA melalui kanal Youtube YPSA TV sebagai bagian dari komitmen YPSA untuk menyiarkan program-program yang bermanfaat. Untuk dapat melihat seluruh seri program Ulama dan Umara Berbicara silakan subscribe di kanal Youtube YPSA TV.

(*)

Baca Juga

deras.co.id

Gunung Semeru Masih Luncurkan Awan Panas, Pengungsi Mulai Sesak Napas

DERAS.CO.ID – Kondisi Semeru usai erupsi masih meluncurkan guguran awan panas sejauh 1.000 meter dari …