Tuesday , December 6 2022
Beranda / Ekonomi / Benarkah Pemakaian Pertamax Lebih Irit Dari Pertalite, Simak Penjelasannya
deras.co.id

Benarkah Pemakaian Pertamax Lebih Irit Dari Pertalite, Simak Penjelasannya

DERAS.CO.ID – Kabar mengenai konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite lebih boros masih mencuri perhatian masyarakat. Hal ini ramai diperbincangkan usai harga Pertalite mengalami penyesuaian menjadi Rp 10.000 per liter dari sebelumnya Rp 7.650 per liter.

Alhasil, tak sedikit masyarakat yang beralih membeli BBM jenis Pertamax yang diklaim memiliki kualitas lebih bagus dan memiliki masa pemakaian lebih awet dibandingkan Pertalite. Terlebih, harga BBM dengan kandungan angka oktane riset (RON) 92 itu hanya dijual Rp13.900 per liter dari sebelumnya Rp14.500 per liter.

Lantas apakah benar Pertamax lebih baik dibandingkan Pertalite?

Melansir dari laman Garda Oto, Rabu (12/10), BBM jenis Pertamax memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan Pertalite. Berikut keunggulan BBM dengan kandungan RON 92 tersebut:

– Nilai Oktan Pertamax Lebih Tinggi

Perbedaan utama yang wajib diketahui antara Pertalite dan Pertamax adalah nilai oktan. Pertalite mempunyai RON (Research Octane Number) besar 90, sedangkan Pertamax mempunyai RON sebesar 92.

Kandungan nilai oktan pada bahan bakar dapat menunjukkan seberapa besar tekanan yang dapat diberikan kepada kendaraan sebelum melakukan pembakaran bahan bakar secara spontan. Dalam hal ini, jika nilai oktan suatu bahan bakar semakin tinggi, maka butuh waktu lama bagi bahan bakar untuk terbakar.

“Untuk membandingkan nilai oktan antara pertalite dan pertamax, dapat dikatakan bahwa Pertamax yang mempunyai nilai oktan 92 lebih menunjang kinerja mesin yang optimal dibandingkan Pertalite,” tulis gardaoto.

– Lebih Irit

Fakta lainnya, walau Pertamax memiliki harga yang cenderung lebih tinggi mencapai Rp13.900 per liter. Namun, penggunaan Pertamax terbilang lebih irit dibandingkan Pertalite yang dibanderol Rp10.000 per liter.

“Hal ini disebabkan karena Pertamax memiliki sifat yang sulit dibakar sehingga membuat proses pembakaran menjadi lebih baik. Akhirnya, bahan bakar ini pun akan lebih sulit habis terbakar sebelum kemudian balik pada proses Titik Mati Atas (TMA),” tulis gardaoto.

– Lebih Ramah Lingkungan

Selain menghasilkan proses pembakaran lebih baik, emisi gas yang dihasilkan oleh bahan bakar Pertamax cenderung lebih bersih. Sehingga, pengunan BBM RON 92 tersebut lebih ramah lingkungan.

– Perawatan Kendaraan Lebih Mudah

Perlu diketahui, Pertamax mampu mengungguli bahan bakar lainnya karena penggunaan bahan bakar mesin ini memberikan kemudahan dalam proses perawatan kendaraan yang jauh lebih mudah. Artinya, Pertamax tidak mempunyai timbal serta mempunyai proses pembakaran lebih sempurna.

“Hal ini akhirnya membuat piston, klep, head, dan busi mempunyai kadar deposit atau kerak lebih minim,” ungkap gardaoto.

 

Sumber: merdeka.com

Baca Juga

deras.co.id

Gunung Semeru Masih Luncurkan Awan Panas, Pengungsi Mulai Sesak Napas

DERAS.CO.ID – Kondisi Semeru usai erupsi masih meluncurkan guguran awan panas sejauh 1.000 meter dari …