Tuesday , December 6 2022
Beranda / Featured / Perbedaan Prosesor Intel Core i3, i5 dan i7 pada Komputer dan Laptop
Intel® Processors Enhanced for IoT

Perbedaan Prosesor Intel Core i3, i5 dan i7 pada Komputer dan Laptop

DERAS.CO.ID – Perangkat laptop dengan Intel Core i3, Intel Core i5 serta Intel Core i7, cukup populer di pasaran teknologi, dapat dilihat tetap banyaknya calon pembeli yang mencarinya.

Ketika ingin membeli laptop sering muncul pertanyaan, perangkat mana yang paling baik digunakan prosesor antara intel Core i3, Intel Core i5 serta Intel Core i7 ?. Sebab intel keluaran terbaru belum selalu pilihan yang tepat sesuai kebutuhan.

Kepopuleran laptop dengan Intel Core i3, i5 dan i7 sudah tidak diragukan lagi karena sudah di sebagian besar laptop yang laris di pasaran dilengkapi ketiga prosesor tersebut, sebab dari segi performa, ketiganya sangat bisa diandalkan.

Seorang pekerja biasanya akan memilih laptop dengan prosesor Intel Core i3 atau i5, tetapi jika kebutuhannya lebih spesifik serta membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi, maka Intel Core i7 dapat menjadi pertimbangan utama.

Bingung memilih laptop dengan prosesor Intel Core apa yang sebaiknya dibeli, berikut perbandingan prosesor dari Intel Core i3, i5 dan i7.

Intel Core i3

Prosesor Intel Core i3 mempunyai 2 prosesor dual core. Kedua prosesor tersebut bisa menjalankan 2 instruksi dalam satu waktu. Keunggulannya, Core i3 lebih tahan panas serta lebih efisien daya.

Intel Core i3 belum support teknologi Hyper-Threading, serta terdapat Turbo Boost dengan maksimum overclocking otomatis berkisar antara 2.933 GHz hingga dengan 3.2 GHz.

Prosesor Intel Core i3 mempunyai Clock Graphics Processor 100 MHz dan Memiliki L3 Cache 4 MB serta Support LGA Socket 1156.

Core i3 bisa mengintegrasikan Virtualizing Technology dengan GPU (Graphic Processing Unit) sehingga berjalan lebih cepat.

Intel Core i5

Prosesor Intel Core i5 dilengkapi 2 prosesor Dual core. Tetapi ada Core i5 yang terdiri dari prosesor Quad Core tidak dilengkapi dengan teknologi Hyper-Threading.

Prosesor Core i5 sangatlah cocok untuk dimanfaatkan pengguna kelas advanced. Walaupun lebih panas dibandingkan Core i3, mempunyai kemampuan yang lebih unggul dalam multitasking serta menunjang software-software kelas berat.

Core i5 sudah support Hyper-Threading, sudah memiliki 2 processor Dual Core. Terdapat juga seri i5 yang berisi dua processor Quad Core, namun tidak support Hyper-Threading.

Prosesor Intel Core i5 Turbo Boost maksimum overclocking otomatis antara 2.4 GHz sampai 3.33 GHz. Terdapat L3 Cache 4-8 MB serta LGA Socket 1156. Memiliki Intel HD Graphics dan mempunyai Maximal RAM 16 GB.

Intel Core i7

Prosesor Intel Core I7 merupakan paling tinggi diantara ketiganya. Mempunyai empat prosesor Quad Core dengan kecepatan 3.07 GHz masing-masingnya, atau memiliki enam prosesor pada seri-seri Core i7 tertentu.

Prosesor ini dilengkapi kemampuan khusus yang sanggup memecah empat prosesor menjadi delapan bagian, sehingga proses kerja yang berat bisa dijalankan secara bersamaan.

Kemampuan ini memungkinkan pemakai laptop untuk mengoperasikan berbagai proses serta aktivitas secara bersamaan, seperti melakukan 3D Rendering, Video Editing dan animasi di waktu yang sama.

Core i7 support Hyper-Threading, memiliki Turbo Boost maksimum overclocking otomatis berkisar antara 1.73 GHz hingga 3.33 GHz dan memiliki L3 Cache 8-12 MB.

Dilengkapi teknologi Intel QuickPath Interconnect yang memiliki fungsi untuk mempercepat proses pembacaan data mencapai 25.6 GB / detik.

Intel Core I7 juga memiliki LGA Socket 1156 dan Intel HD Graphics serta Maximal RAM sebesar 24 GB.

*

Baca Juga

deras.co.id

Gunung Semeru Masih Luncurkan Awan Panas, Pengungsi Mulai Sesak Napas

DERAS.CO.ID – Kondisi Semeru usai erupsi masih meluncurkan guguran awan panas sejauh 1.000 meter dari …