Monday , February 6 2023
Beranda / Featured / Bawaslu Menangkan Gugatan Formapera, KPU Deliserdang Terbukti Lakukan Pelanggaran Administratif

Bawaslu Menangkan Gugatan Formapera, KPU Deliserdang Terbukti Lakukan Pelanggaran Administratif

Setelah melakukan sidang marathon lebih dari sepekan, Bawaslu Deliserdang akhirnya memenangkan gugatan Forum Masyarakat Pemantau Negara (Formapera) atas KPU Deliserdang terkait rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Dalam sidang putusan yang berlangsung, Kamis (19/1/2023) di kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Deliserdang, KPU Deliserdang dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran administratif Pemilu pada saat melakukan perekrutan PPK.

“Dengan ini terlapor terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran administrasi pemilu,”  Ketua Majelis M Ali Sitorus yang didampingi anggota Asman Siagian dan Erina Kartika Sari.

Atas putusan itu juga, Majelis Pemeriksa Bawaslu turut memberikan teguran tertulis kepada terlapor berisia diminta untuk tidak mengulangi atau melakukan perbuatan yang melanggar ketentuan perundang-undangan.

Pada fakta persidangan juga disebutkan bahwa KPU Deliserdang melakukan beberapa pelanggaran yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Peserta yang mendaftar tapi tidak sesuai dengan wilayah domisili. Kemudian pelaksanaan ujian CAT juga melewati batas waktu yang sudah diatur atau sampai tanggal 8 Desember 2022.

Selain itu juga ada peserta yang tidak ikut dalam seleksi tahapan wawancara, tapi kemudian masuk 10 besar.

Hal ini sesuai dengan bukti dan saksi yang dihadirkan oleh pelapor, Fery Afrizal selaku Ketua DPW Formapera Sumatera Utara.

“Untuk salinan putusan besok akan kita berikan,” kata M Ali Sitorus sebelum menutup sidang.

Sementara, pada saat putusan dibacakan Ketua KPU Deliserdang, Syahrial Effendy tampak hanya bisa terdiam.

Dua orang Komisioner lainnya, Ziaulhaq Siregar dan Relis Yanti yang turut hadir dalam sidang juga menunjukkan respons serupa

“Kita menerima putusan ini. Kita tidak kecewa,” kata Syahrial singkat.

Sementara itu, Fery Afrizal mengaku mengapresiasi putusan Bawaslu Deliserdang. Ia dan timnnya ke depan berencana melaporkan Komisioner KPU Deliserdang ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Terima kasih kepada majelis persidangan. putusan hari ini kita rasa sangat baik. Kedepan kita berharap agar perekrutan PPK ini bisa lebih baik dan demokrasi. Terkait DKPP ada wacana memang tapi untuk itu nanti kita akan kordinasi dulu dengan tim dan melakukan rapat internal dulu,” tandas Fery.

Baca Juga

Reuni Akbar Fakultas Pertanian Universitas Darma Agung Sekaligus Seminar Ilmiah

Reuni Akbar Fakultas Pertanian Universitas Darma Agung Sekaligus Seminar IlmiahFakultas Pertanian UDA melaksanakan Reuni Akbar …