Friday , June 14 2024
Beranda / Edukasi / Tim Peneliti SD Shafiyyatul Amaliyyah Terima Penghargaan Dari Dinas Pendidikan Kota Medan
deras.co.id

Tim Peneliti SD Shafiyyatul Amaliyyah Terima Penghargaan Dari Dinas Pendidikan Kota Medan

DERAS.CO.ID – Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan diwakili Kabid. Pembinaan SD Bambang Sudewo, M.Pd., memberikan penghargaan secara simbolis kepada Tim peneliti SD Shafiyyatul Amaliyyah yang mendapatkan medali Silver dalam ajang Malaysia Technology Expo (MTE) 2023 di Kuala Lumpur Malaysia dan medali Perunggu Olimpiade Matematika Internasional SEAMO secara Online.

Penghargaan ini diterima langsung tim peneliti dan Kepala SD Shafiyyatul Amaliyyah Eko Akbar Sukmana, S.Pd.I., Gr. disela kegiatan pembukaan kegiatan pesantren kilat Ramadhan 2023 SD se-kota Medan di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan dan Listrik (BBPPMPV BBL) Medan, Selasa (28/3/2023).

Dalam rangkaian acara ini Dinas Pendidikan kota Medan memberikan apresiasi terhadap siswa-siswi Shafiyyatul Amaliyyah yang telah berprestasi tingkat Internasional dan secara khusus Dinas Pendidikan memanggil peserta peneliti SD Shafiyyatul Amaliyyah untuk diberikan penghargaan di depan seluruh pelajar SD kota Medan lainnya. Inisiasi ini juga dimotori oleh Bapak Kepala Seksi Kurikulum Bapak Saiful Riza, S.E.

Bambang Sudewo, M.Pd., mengatakan dalam sambutannya, “Sangat bersyukur kota Medan memiliki generasi unggul sampai ke ajang internasional dan ini telah dibuktikan siswa SD Shafiyyatul Amaliyyah dengan membawa medali Perak dari Malaysia dalam bidang Riset dan Penelitian. Semoga bisa menjadi motivasi untuk seluruh siswa-siswi SD dari sekolah lain terkhusus para pelajar SD kota Medan. Dengan ini SD Shafiyyatul Amaliyyah telah mendukung profil pelajar Pancasila yang merupakan peran utama dari kementerian pendidikan untuk menghadapi menuju generasi emas pada era Indonesia emas tahun 2045.”.

“Tujuan kami juga memberikan penghargaan kepada siswa SD Shafiyyatul Amaliyyah di depan pelajar SD lainnya, karena SD Shafiyyatul Amaliyyah merupakan SD percontohan yang berhasil meraih prestasi Internasional dalam bidang riset dan penelitian. Selain itu agar anak-anak pendidikan Sekolah Dasar lainnya termotivasi untuk terus berprestasi bukan saja tingkat nasional akan tetapi harus bisa sampai tingkat Internasional”, tambah Bambang Sudewo.

“Prestasi siswa SD Shafiyyatul Amaliyyah ini termasuk langka di usia sekolah dasar karena mereka berhasil dalam bidang riset dan ini mendukung pendidikan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics)” ujarnya lagi.

Eko Akbar Sukmana menjelaskan bahwa 8 orang siswa-siswi SD Shafiyyatul Amaliyyah terpilih dan diberikan kepercayaan mengisi kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan 2023 mewakili Medan Sunggal yang digagas Dinas Pendidikan Kota Medan Bidang Pembinaan Sekolah Dasar bekerjasama dengan BBPPMPV-BBL kota Medan yang menyediakan fasilitas sarana dan prasarana. Kegiatan ini diikuti puluhan sekolah yang terdiri 200-an siswa-siswi SD seluruh kecamatan kota Medan.

“Alhamdulillah dalam kesempatan ini SD Shafiyyatul Amaliyyah mendapatkan apresiasi dari Dinas Pendidikan Kota Medan. SD Shafiyyatul Amaliyyah tetap berfokus kepada kreativitas bakat minat anak-anak dengan metode pembelajaran berbasis STEAM, ditunjukkan dengan bukti nyata hasil prestasi di bidang internasional seperti Olimpiade Matematika TIMO (Thailand Internasional Olimpiade Math Olympiad), SEAMO (South East Asian Mathematics Olympiad), AMO (American Math Olympiad), dan masih banyak event internasional lainnya, semuanya mendapatkan medali emas perunggu perak dari puluhan siswa SD Shafiyyatul yang mendapatkan prestasi. Dan kedepan ini akan berlanjut juga final Thailand Internasional Olimpiade yang akan dilaksanakan 1 April 2023 mendatang”.

“SD Shafiyyatul Amaliyyah sendiri tetap mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Medan seperti kegiatan Ramadhan yang sekarang ini dilaksanakan. Dengan pesantren kilat ini siswa melatih disiplin, mandiri dan bersosialisasi dengan anak-anak lain serta lebih mendekatkan kepada sang pencipta”, akhiri Eko.

Baca Juga

deras.co.id

Kejagung Sebut Kerugian Negara Capai Rp300 Triliun Di Korupsi PT Timah, Ini Kata Kuasa Hukum Tersangka

DERAS.CO.ID – Jakarta – Kejaksaan Agung (Kejagung) RI telah menetapkan nilai kerugian negara senilai Rp300 …