Friday , June 14 2024
Beranda / Featured / Plt Bupati Palas Dilaporkan Ke Polisi Diduga Gunakan Jabatan Palsu
deras.co.id
KONFERENSI: Kuasa Hukum Bupati Palas (TSO) Mardan Hanafi Hasibuan SH didampingi rekannya saat melakukan konferensi pers usai membuat LP ke Polres Palas soal dugaan kasus penyalahgunaan jabatan palsu Plt Bupati Palas AZP, Rabu, (29/3).

Plt Bupati Palas Dilaporkan Ke Polisi Diduga Gunakan Jabatan Palsu

DERAS.CO.ID – Padang Lawas – Kuasa hukum Bupati Palas (Padang Lawas) Ali Sutan Harahap yang dikenal TSO, Mardan Hanafi Hasibuan SH didampingi Donna Siregar SH melaporkan Plt Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu atau AZP atas dugaan menggunakan jabatan palsu.
Mardan mengatakan, AZP diduga telah melakukan penyalahgunaan jabatan palsu sebagai Plt Bupati Palas. “Artinya, inti LP yang kami sampaikan ke Polres Palas mengenai penerbitan surat dinas yang mengatasnamakan sebagai Plt Bupati,” ujar dia dalam konferensi pers, Rabu (29/3).
Menurutnya, kalau dilihat pasca surat Mendagri dengan nomor 100.2.7/1284/SJ tertanggal 2 Maret 2023, Plt Bupati AZP tidak bisa lagi menandatangani seluruh surat dinas bersamaan dengan keluarnya surat naskah dinas Bupati TSO pada 9 Maret 2023 lalu dengan nomor 132/26/2023. Namun, kata Mardan, AZP diduga masih juga menerbitkan surat mengatasnamakan Plt Bupati.
Plt Bupati AZP diduga tidak menjalankan hal itu sebagaimana mestinya, sehingga melaporkannya ke Polres Palas, ujarnya.
Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan melalui Kasi Penmas Humas Bripka Ginda K Pohan saat dikonfirmasi, Kamis (30/3) membenarkan adanya laporan itu dan diterima pada Rabu (29/3).
Dikatakannya, LP itu teregistrasi dengan nomor STPLPSTPLP/B/69/III/2023/SPKT/Palas/SU atas dugaan penyalahgunaan jabatan palsu dengan terlapor saudara AZP.
Polres Palas tengah melakukan penyelidikan tentang perkara yang dilaporkan tersebut untuk menentukan tindak pidana atau bukan.
“Jadi setelah selesai penyelidikan dilakukan Reskrim Polres, baru nanti pihak Reskrim menyampaikan hasil ke publik,” ucapnya.
Ditanya kapan kira-kira pemeriksaan, Ginda saja mengaku, batas waktu tidak bisa ditentukan tapi Polres Palas akan mengusahakan secepat mungkin. “Penyidik/Juper akan mengumpulkan bukti-bukti dan petunjuk terlebih dahulu,” ujarnya.
Sementara itu, Kasat Reskrim AKP Hitler Hutagalung saat dikonfirmasi melalui pesan singkat via WhatsApp menegaskan, pemanggilan terlapor akan disegerakan.
“Kita akan segerakan, namun untuk saat ini masih dalam tahap pemeriksaan keterangan para saksi,” ungkapnya.

 

Sumber: hariansib.com

Baca Juga

deras.co.id

Kejagung Sebut Kerugian Negara Capai Rp300 Triliun Di Korupsi PT Timah, Ini Kata Kuasa Hukum Tersangka

DERAS.CO.ID – Jakarta – Kejaksaan Agung (Kejagung) RI telah menetapkan nilai kerugian negara senilai Rp300 …