Friday , April 19 2024
Beranda / Featured / Sanksi Menanti Untuk Pemberi Pengemis Dan Pengamen Jalanan Di Kota Malang, Perdanya Disiapkan
deras.co.id
Satpol PP Kota Malang merazia pengemis dan pengamen.

Sanksi Menanti Untuk Pemberi Pengemis Dan Pengamen Jalanan Di Kota Malang, Perdanya Disiapkan

DERAS.CO.ID – Malang – Pemkot Malang tengah menggodok peraturan daerah yang melarang masyarakat memberikan uang atau barang kepada pengemis dan pengamen jalanan. Sanksi akan diberikan kepada mereka yang melanggar.

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Kabid KKU) Satpol PP Kota Malang Rahmat Hidayat menyatakan, aturan sanksi bagi pemberi pengemis dan pengamen ini, kata dia sedang diajukan dan segera digodok bersama perangkat daerah terkait.

“Sanksi dalam aturan ini nantinya berupa tindak pidana ringan, sehingga masyarakat diimbau agar lebih mawas diri,” jelas Rahmat, ditulis Jumat (26/5/2023).

Menurutnya, jika masyarakat tidak memberi uang, khususnya saat di area lampu merah, maka jumlah pengamen maupun pengemis lambat laun akan berkurang dan bahkan hilang dengan sendirinya.

“Kami merespons baik adanya aturan ini, dan beberapa kabuparen/kota lain sudah menerapkan. Jadi yang memberi juga diberi sanksi, tidak hanya yang menerima. Karena apa? Karena selama ini beberapa kali kita mengamankan anak jalanan, pengamen dan pengemis, mereka mengaku pendapatannya cukup besar. Sehingga mereka akhirnya jadi tidak mau meninggalkan pekerjaan itu,” ungkapnya.

Lebih jauh Rahmat mengatakan, saat ini ada indikasi para pengemis dan pengamen tersebut ada yang mengkoordinir dan pihaknya sedang menelusuri.

“Apabila itu terbukti, maka ini menjadi ranah kepolisian dan para pelaku akan terancam sanksi pidana,” ujarnya,

Selain itu, keberadaan pengamen dan pengemis saat ini mulai meresahkan karena disinyalir mulai ada tindakan pemaksaan dan kekerasan. Kejadian seperti ini sangat miris dan seharusnya tidak terjadi.

 

Sumber: liputan6.com

Baca Juga

deras.co.id

Bos Apple: RI Pasar Penting Buat Kami

DERAS.CO.ID – Jakarta – CEO Apple Tim Cook bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di …