Tuesday , June 25 2024
Beranda / Featured / Inalum dan Ruang Guru Berkolaborasi Tingkatkan Mutu Pengajar

Inalum dan Ruang Guru Berkolaborasi Tingkatkan Mutu Pengajar

PT. Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) berkolaborasi dengan Ruang Guru melakukan program Peningkatan Kompetensi Pengajar bagi para tenaga pendidik yang berdomisili di kawasan sekitar operasional di Paritohan. Kegiatan ini merupakan komitmen INALUM dalam meningkatkan mutu masyarakat sekitar perusahaan dan dukungan konkret perusahaan terhadap visi peningkatan SDM dari Pemerintah Indonesia.

Daniel J.P. Hutauruk Senior Vice Presiden Departemen Administrasi INALUM menyampaikan terima kasih kepada Ruang Guru dan seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan peningkatan kompetensi tersebut. Ia berharap bahwa program serupa bisa di lakukan juga di lokasi-lokasi lain agar kompetensi bisa lebih merata.

“Kami dari INALUM berterima kasih atas kolaborasi dan partisipasi semua pihak sehingga kegiatan peningkatan kompetensi ini bisa berjalan lancar. Kami berharap kegiatan ini bisa meningkatkan mutu pendidikan dari sisi pengajar sehingga percepatan kemajuan pendidikan di Indonesia bisa lebih cepat tercapai. Semoga program yang berjalan saat ini bisa menjadi role model di sekolah lain,” ujar Daniel.

Kegiatan PKP yang berlangsung sejak Desember 2022 hingga April 2023 diikuti dengan penuh antusias oleh 25 orang guru yang berasal dari SMA Negeri 1 Pintu Pohan Meranti sebanyak 10 peserta dan dari SMA Negeri 1 Aek Songsongan sebanyak 15 peserta. Indikator keberhasilan kegiatan PKP dapat dinilai dari beberapa variable antara lain tingkat keaktifan mencapai 100 %; Uji Kompetensi Pedagogik ( UKP ) meningkat hingga mencapai 17 %; serta pemahaman akan teknologi yang berhubungan dengan proses belajar mengajar yang lebih baik.

Zainuddin Iqbal Sidabutar selaku Vice President CSR INALUM menyebut bahwa Pelatihan Kompetensi Pengajar ( PKP ) merupakan INALUM dalam menjalankan tiga pilar CSR BUMN yaitu pemberdayaan UMKM, Lingkungan dan Pendidikan. Ia menyebut bahwa di pilar pendidikan perlu dilakukan penyegaran baik dalam metode pengajaran ataupun peningkatan kompetensi dalam ajar mengajar karena banyaknya perubahan maju di zaman ini.

“Menurut INALUM, untuk meningkatkan mutu pendidikan, perlu dilakukan perubahan metode belajar, serta motivasi yang kuat. Metode belajar yang meliputi pedagogik dan teknologi merupakan cakupan dari modul PKP yang diikuti. Tentu ini merupakan tantangan bagi para pengajar agar bisa beradaptasi dengan kebutuhan zaman. Kami berharap, komitmen INALUM dalam meningkatkan mutu pendidikan bisa relevan untuk jangka waktu Panjang,” ujar Iqbal.

Turut hadir dalam Pelatihan Kompetensi Pengajar ( PKP ) ini Camat Pintu Pohan Meranti Josten Sihotang, SH beserta Kepala Desa Pintu Pohan Hotlan Tambunan. Acara ditutup dengan sesi foto bersama serta pemberian penghargaan kepada para peserta terbaik dalam beberapa kategori yaitu: Participant Of The Month, Best Of uji kompetensi akhir, Best Of RBFT, Best Of Webinar, The Most Improved Teacher, dan The Best Teacher.

Mei Hutapea dari SMA Negeri 1 Pintu Pohan Meranti mewakili seluruh peserta kegiatan PKP yang hadir mengucapkan terima kasih kepada INALUM dan Ruang Guru atas pelaksanaan kegiatan PKP ini.

“Upgrade kompetensi pengajar menuntut sistem belajar mengajar yang aktif. Seluruh peserta yang mengikuti pelatihan PKP ini diharapkan dapat memberikan sharing knowledge kepada rekan – rekan pengajar lainnya guna meningkatkan mutu pendidikan dan aktivitas belajar mengajar yang akan berdampak positif khususnya bagi anak didik,” ujar Mei.

Baca Juga

Buntut Siswi SMAN 8 Tinggal Kelas, Formapera Desak Kepsek dan Kadisdisu Dicopot

Medan: Kasus tinggal kelas yang dialami MSF, siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Medan …