Monday , February 26 2024
Beranda / Edukasi / Tim PKM Unimed dan PT. G10 Agrotech Perkenalkan Teknologi “Vertical Farming” untuk Petani Kentang di Sumut

Tim PKM Unimed dan PT. G10 Agrotech Perkenalkan Teknologi “Vertical Farming” untuk Petani Kentang di Sumut

Tim PKM Unimed dan PT. G10 Agrotech Perkenalkan Teknologi “Vertical Farming” untuk Petani Kentang di Sumut. Tujuan kegiatan PKM (Program Kemitraan Masyarakat)  ini adalah membantu mitra yaitu start up yang bergerak di bidang hilirisasi produk bioteknologi yaitu PT. G10 Agrotech. Start up yang berada di daerah Kecamatan Medan Baru ini ingin menuntaskan masalah yang dihadapinya yaitu masalah teknologi dalam penangkaran bibit kentang yang dihasilkan akibat makin sempitnya lahan untuk penangkaran bibit kentang.

Dalam upaya mengembangkan usaha ini mitra ingin dibantu dalam teknologi yang bisa mengatasi keterbatasan lahan dan peningkatan produksi, standarisasi produk untuk memperluas pasar yang sudah terbangun selama ini. Hal ini bertujuan agar mitra mendapatkan kepercayaan yang lebih lagi dari konsumen dan dikembangkan lebih lanjut menjadi produk unggulan dari start up ini. Teknologi vertical farming dipercaya sebagai solusi dari masalah yang dihadapi mitra.

Untuk itu adanya sentuhan teknologi tepat guna untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan teknologi vertical farming, yang tidak membutuhkan lahan yang luas. Melalui kegiatan PKM ini telah terjadi transfer of knowledge dan desiminasi serta alih teknologi ke mitra, penangkar dan petani. Tim dari G10 Agrotech yang terdiri dari 7 orang, yang merupakan laboran, penangkar dan petani.

Baca juga: Tim Dosen Unimed Dorong Produk Kuliner Terstandarisasi Melalui Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat

Kegiatan Tim PKM Universitas Negeri Medan tahun 2023 yang diketuai oleh dosen Biologi Dr. Diky Setya Diningrat melakukan sosialisasi edukasi mengenai pemanfaatan vertical farming dalam pembibitan kentang di rumah kasa pada petani penangkar G10 agrotech Medan. Selain itu pada kegiatan ini juga melibatkan dosen dan mahasiswa lain dari prodi-prodi yang ada di UNIMED. Adapun dosen lain yang terlibat adalah Prof. Dr. Abdul Muin Sibuea, M.Pd. dari fakultas Teknik beliau memberikan materi tentang teknologi pengairan dalam vertical farming. Dr. dr. Novita Sari Harahap dosen sekaligus dokter biomedik dari fakultas FIK ini mengupas tuntas tentang kandungan gizi dan diversifikasi produk dari kentang yang dikembangkan petani. Sementara itu Bagoes Maulana, M.Kom. dosen Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer Unimed ini memperkenalkan peran Artificial Intelligence dalam pertanian khususnya vertical farming. Pada kesempatan itu juga hadir Prof. Asmin dari matematika menyampaikan materi tentang peluang teknologi pertanian untuk menghindari kemiskinan petani.

Pada kesempatan ini juga mahasiswa terlibat aktif dalam kegiatan PKM ini sebagai pendamping. Di akhir acara Tim PKM Unimed menyerahkan 10 set alat dan bahan teknologi vertical farming kepada mitra untuk bisa dimanfaatkan dan mengatasi masalah yang selama ini dihadapi. Mitra juga meminta adanya program PKM lanjutan untuk membantu mereka dalam mengatasi masalah hama dan diversifikasi produk.

Baca Juga

Penulis Muda SMP Shafiyyatul Amaliyyah Dapat Sertifikat Penghargaan Atas Usaha Mereka Menuntaskan Proyek Menulis Inspiratif

Deras.co.id – SMP Shafiyyatul Amaliyyah memberikan Sertifikat Penghargaan kepada para siswa yang telah menuntaskan proyek menulis …