Friday , June 14 2024
Beranda / Edukasi / Dosen Unimed Berdayakan Masyarakat Nelayan di Kelurahan Belawan 1 Melalui Pembuatan dan Pemasangan Rumpon Ikan
deras.co.id

Dosen Unimed Berdayakan Masyarakat Nelayan di Kelurahan Belawan 1 Melalui Pembuatan dan Pemasangan Rumpon Ikan

DERAS.CO.ID – Semangat membangun negeri terutama dalam menyambut kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia yang diaplikasikan oleh para dosen dari Universitas Negeri Medan (UNIMED) dengan melakukan “kerja nyata” dalam bentuk pembinaan kelompok nelayan. Kegiatan ini dibingkai dengan melaksanakan pendampingan dan penerapan teknologi bagi kelompok nelayan yang ada di kelurahan Belawan 1 Kecamatan Medan Belawan.

Kegiatan yang digelar di daerah pesisir ini dihadiri oleh kelompok nelayan Bahagia yang aktif melakukan usaha penangkapan ikan di sekitaran kelurahan tersebut. Turut hadir dalam acara tersebut staf dari LPPM UNIMED, ketua program Muhammad Dani Solihin, M.T. (Dosen UNIMED), Erita Astrid, S.T., M.S. (Dosen UNIMED), dan Rosma Siregar, M.Kom. (Dosen Unimed), serta didampingi oleh 5 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Unimed.

Ketua program Muhammad Dani Solihin dalam sambutannya mengungkapkan bahwa program ini sudah berjalan beberapa bulan yang diawali dengan maping area, koordinasi dengan kelompok nelayan, dan hingga pelaksanaan pendampingan tentang bagaimana melakukan pemasangan rumpon ikan bagi para nelayan.

“Para nelayan ketika FGD dengan tim dosen, menyampaikan bahwa dengan metode mereka saat ini pendapatan ikan hasil tangkapan yang didapat tidak maksimal dan penangkapan ikan yang dilakukan masih di daerah laut yang bebas tanpa ada tempat yang pasti sehingga nelayan menghabiskan waktu dan minyak pada saat melakukan penangkapan ikan. Berdasarkan permasalahan ini, kami mencoba mencarikan solusi yaitu dengan melakukan pendampingan dan pelatihan untuk pembuatan rumpon ikan serta pendampingan dalam memasarkan produk melalui teknologi informasi”, tambah Muhammad Dani Solihin, M.T.

“Saat ini para akademisi dari universitas melalui program dari kemristekdikti serius untuk meningkatkan perekonomian rakyat, maka sangat diperlukan sinergitas dari kepala daerah juga untuk membangun mulai dari desa, sehingga nadi perekonomian dapat bergerak maksimal pada setiap desa. Dengan adanya pendampingan ini, kita berharap manajemen usaha akan semakin baik dan para nelayan dapat melek teknologi informasi sebagai media untuk promosi”, tambah Rosma Siregar.

Perwakilan kelompok Nelayan Bahagia, Bapak Dani, dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih dan bangga karena telah mendapatkan Bantuan khususnya untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia di kelompok nelayannya. “Saya harapkan di masa depan kita dapat terus bekerjasama serta program yang selama ini dijalankan dapat terus dilanjutkan pada program-program yang lain khususnya yang mampu memberikan kontribusi positif bagi peningkatan sumber daya manusia dan mampu mengelola sumberdaya yang ada secara optimal”, ungkapnya.

Baca Juga

deras.co.id

Kejagung Sebut Kerugian Negara Capai Rp300 Triliun Di Korupsi PT Timah, Ini Kata Kuasa Hukum Tersangka

DERAS.CO.ID – Jakarta – Kejaksaan Agung (Kejagung) RI telah menetapkan nilai kerugian negara senilai Rp300 …