Friday , June 14 2024
Beranda / Edukasi / Tim Dosen Unimed Terapkan Teknologi Solar Cell Kepada Kapal Nelayan di Kelurahan Belawan I Medan Belawan
deras.co.id

Tim Dosen Unimed Terapkan Teknologi Solar Cell Kepada Kapal Nelayan di Kelurahan Belawan I Medan Belawan

DERAS.CO.ID – Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dilakukan oleh tim dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) untuk membantu kelompok nelayan di Kelurahan Belawan 1 Kecamatan Medan Belawan dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Kelompok nelayan ini mengalami masalah efisiensi penggunaan bahan bakar minyak di fasilitas penerangan kapal selama penangkapan ikan di malam hari.

Para nelayan di daerah tersebut menggunakan Kapal Tondo untuk menangkap ikan. Biaya operasional setiap melaut sekitar 1 hingga 1,5 juta rupiah, dengan 50% dari biaya tersebut digunakan untuk bahan bakar minyak (BBM), yang digunakan untuk mesin kapal dan untuk pencahayaan. Berdasarkan permasalah tersebut, tim dosen Unimed menawarkan solusi untuk menggunakan energi yang dihasilkan dari panel surya (solar cell) sebagai sumber listrik untuk penerangan kapal serta untuk menyalakan lampu diode (LED) untuk pemancingan cumi-cumi. Panel surya juga merupakan salah satu solusi teknologi ramah lingkungan yang dapat mengurangi polusi yang dihasilkan oleh mesin genset untuk penerangan kapal.

Kegiatan program kemitraan ini melibatkan dosen dari 2 (dua) program studi dari Fakultas Teknik yang terdiri dari Bagoes Maulana, M.Kom. (dosen dari Prodi Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer sebagai ketua tim), Denny Haryanto Sinaga S.Pd., M.Eng, Erita Astrid, S.T., M.S., Muhammad Dani Solihin, S.Pd., M.T. (dosen dari Prodi Teknik Elektro). Kegiatan ini sudah dilaksanakan pada Mei 2023 yang diawali dengan kegiatan FGD untuk menggali kebutuhan mitra dan puncaknya pada tanggal 25 Juli 2023 dengan kegiatan serah terima alat TTG untuk mempercepat proses perkembangan usaha mitra yaitu berupa panel surya, charging box, dan penerangan LED.

Acara ini juga disaksikan oleh Tim Pendamping dari LPPM Unimed. Pihak mitra sangat berterima kasih atas program pendampingan ini dan berharap bahwa kedepannya kegiatan tersebut dapat terus dikembangkan dan dilaksanakan.

Program Kemitraan Masyarakat ini merupakan wujud dari tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Pada kegiatan ini juga dilibatkan mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Unimed untuk memberikan pengalaman terjun langsung mengabdi kepada masyarakat. Semoga Unimed dan masyarakat wirausaha makin berjaya dan membangkitkan ekonomi bangsa.

Baca Juga

deras.co.id

Kejagung Sebut Kerugian Negara Capai Rp300 Triliun Di Korupsi PT Timah, Ini Kata Kuasa Hukum Tersangka

DERAS.CO.ID – Jakarta – Kejaksaan Agung (Kejagung) RI telah menetapkan nilai kerugian negara senilai Rp300 …