Tuesday , July 16 2024
Beranda / Featured / Timnas Indonesia U-24 Lolos Ke 16 Besar Asian Games 2023
deras.co.id
LOLOS: Timnas Indonesia U-24 lolos ke babak 16 besar Asian Games 2023, meski kalah 0-1 dari Korea Utara, Minggu (24/9).

Timnas Indonesia U-24 Lolos Ke 16 Besar Asian Games 2023

DERAS.CO.ID – Jakarta – Timnas Indonesia U-24 dipastikan lolos ke babak 16 besar Asian Games 2023 meski kalah 0-1 dari Korea Utara, Minggu (24/9).

Kekalahan ini membuat Indonesia bertengger di peringkat ketiga Grup F. Adapun posisi runner up milik Kirgistan, dan pemuncak klasemennya adalah Korea Utara dengan poin sempurna.

Sejatinya poin Indonesia, Kirgistan, dan Taiwan sama-sama tiga. Namun Kirgistan dan Indonesia berhak atas posisi lebih tinggi karena selisih golnya lebih baik dari Taiwan.

Selepas laga pemungkas Grup F pada Minggu sore, selisih gol Indonesia dan Kirgistan sama-sama nol, sedangkan Taiwan minus empat. Ini membuat Taiwan menjadi juru kunci Grup F.

Karena selisih gol Indonesia dan Kirgistan sama, regulasi yang berlaku untuk penentuan peringkat adalah produktivitas gol. Dalam hal ini Kirgistan punya empat gol dan Indonesia hanya dua.

Dengan kata lain Kirgistan otomatis lolos ke babak 16 besar menemani Korea Utara. Selanjutnya Kirgistan bertemu Korea Selatan dan Korea Utara berhadapan dengan runner up Grup E.

Bagaimana nasib Indonesia? Jika mencermati situasi persaingan lima grup lainnya, Indonesia sudah dalam posisi aman. Ini karena Indonesia mengoleksi poin tiga dengan selisih gol +1.

Yang membuat Indonesia sudah pasti lolos, saat ini yang bersaing mencari tiket lolos ke babak 16 besar dari posisi peringkat tiga terbaik hanya lima tim, yakni Grup A, B, D, E, dan F.

Grup C tak ikut bersaing memperebutkan tiket peringkat tiga terbaik ke babak 16 besar karena hanya diisi dua tim. Otomatis dua tim dari Grup C lolos ke babak 16 besar.

Sudah begitu Grup D hanya diisi tiga tim, yakni Jepang, Palestina, dan Qatar. Dari tiga tim ini Qatar sudah bertanding dua kali dan hanya mengoleksi satu poin.

Apapun hasil pertandingan tersisa Grup D, antara Jepang versus Palestina, tak akan membuat tim penghuni peringkat ketiga Grup D dapat tiket lolos ke babak 16 besar.

Dengan kata lain hanya tim penghuni peringkat ketiga Grup A, B, E, dan F yang lolos ke 16 besar. Artinya pula Indonesia sebagai penghuni peringkat ketiga Grup F sudah pasti lolos.

Pada babak 16 besar Indonesia akan berhadapan dengan pemuncak klasemen Grup C yang diperebutkan Uzbekistan dan Hong Kong. Kedua tim akan bentrok pada Minggu (24/9) malam.

Indonesia Sudah Raih 4 Medali

Indonesia sudah membuka perolehan medali di Asian Games 2023 Hangzhou. Empat medali dikumpulkan kontingen Merah-Putih per sore kemarin.

Indonesia mulai mengumpulkan pundi-pundi medali di Asian Games Hangzhou pada hari Minggu (24/9). Medali pertama disumbangkan oleh cabang olahraga dayung, dari nomor Lightweight Double Sculls putri.

Chelsea Corputty/Putri Mutiara Rahma finis ketiga dalam perlombaan di Fuyang Water Sports Centre. China meraih medali emas disusul Uzbekistan.

Medali kedua Indonesia disumbangkan oleh Edgar Xavier Marvelo dari cabor Wushu, dengan nomor Changquan putra. Ia meraih perak, hanya kalah dari atlet China Sun Peiyuan dan unggul atas atlet Makau Song Chi Kuan di Xiaoshan Guali Sports Centre.

Dua medali lainnya, yakni perunggu didapatkan kembali dari cabor dayung. Duet Ihram/Memo mendapatkan medali perunggu dari nomor Double Sculls putra, setelah finis ketiga di belakang Liu Zhiyu/Zhang Liang (China) dan Shakhboz Kholmurzaev/Mekhrojbek Mamatkulov (Uzbekistan).

Tim dayung Indonesia di nomor Eight putra juga finis ketiga. Tim berisikan sembilan orang itu menuntaskan perlombaan di belakang tim China dan India.

Koleksi empat medali ini sementara menempatkan Indonesia di posisi delapan. China memimpin dengan 15 medali per pukul 16.00 WIB, dengan catatan 12 emas, satu perak, dan dua perunggu.

Korea Selatan dan Jepang menyusul di dua posisi berikutnya. Korea mengumpulkan satu emas, dua perak, dan satu perunggu, sedang Jepang punya satu emas dan dua perak.

Sumber: hariansib.com

Baca Juga

deras.co.id

Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XI Tahun 2024 Visitasi Kepemimpinan Nasional ke Provinsi Banten

DERAS.CO.ID – Serang – Banten, Pada Selasa (16/07/2024) Peserta Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Angkatan XI …