Tuesday , June 25 2024
Beranda / Edukasi / Pramuka YPSA Giat Perjusa ke Scout Sibolangit
deras.co.id

Pramuka YPSA Giat Perjusa ke Scout Sibolangit

DERAS.CO.ID – Gugus depan 04.1105 – 04.1106 Pangkalan Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) melaksanakan kegiatan Perkemahan Jum`at Sabtu (PERJUSA) yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 2023 di Scout Sibolangit Sumatra Utara.

Kak Bagoes Maulana, M.Kom., yang juga Kepala Departemen Pendidikan dan IT YPSA mengatakan bahwa perkemahan pendidikan kepramukaan model reguler dalam bentuk perkemahan Jum`at Sabtu ( Perjusa ) yang dilaksanakan selama 2 hari dan 1 malam.

“Kegiatan ini dilaksanakan di Scout Village (Dusun Pramuka). Kegiatan ini diwajibkan untuk siswa – siswi SD, SMP dan SMA yang sudah melaksanakan kurikulum 2013 atau K13, karena ekstrakurikuler pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib bagi seluruh peserta didik”.

“Kegiatan ini perlu dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam memahami ilmu kepramukaan, membentuk kepribadian, kecakapan hidup dan menumbuhkan pendidikan karakter”, kata bagoes.

Kak Bagoes menambahkan lagi, “Jenis kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Kegiatan yang bersifat Spiritual, Kegiatan yang bersifat Emosional, Kegiatan yang bersifat Sosial, Kegiatan yang bersifat Intelektual, Kegiatan yang bersifat Fisik, Kegiatan yang bersifat Penggabungan”.

“Antara lain Scouting Skill, Giat Mandiri, Sholat, Giat Malam / Api Unggun & Pentas Kreasi, Jurit Malam (Mencari Kacu), Kegiatan Penjelajahan, Games, Kurve, Bongkar Tenda Perkemahan, dan kegiatan lainnya” jelas kak Bagoes secara detail.

Dengan motto “satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan”, kegiatan kali ini bertema membentuk generasi muda yang Tangguh (Terampil, Unggul, Humanis), berakhlakul karimah, dan berkualitas sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma ”, akhiri kak Bagoes.

Baca Juga

Buntut Siswi SMAN 8 Tinggal Kelas, Formapera Desak Kepsek dan Kadisdisu Dicopot

Medan: Kasus tinggal kelas yang dialami MSF, siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Medan …