Monday , February 26 2024
Beranda / Edukasi / Ijazah Amalan Dan Doa Agar Rambut Tetap Hitam Meskipun Sudah Tua
deras.co.id

Ijazah Amalan Dan Doa Agar Rambut Tetap Hitam Meskipun Sudah Tua

DERAS.CO.ID – Cilacap – Memiliki rambut hitam meskipun sudah berusia tua menjadi dambaan semua orang. Sebaliknya memilki rambut putih bagi sebagian orang menyebabkan dirinya kurang percaya diri.

Padahal memiliki rambut putih atau uban sejatinya bukan sebuah kehinaan, justru merupakan sebuah kemuliaan. Sebab rambut putih atau uban akan menjadi cahaya di hari kiamat.

Hanya saja ada beberapa orang yang merasa minder, sebab telah banyak memiliki uban. Ia merasa hal ini merupakan kekurangan dirinya yang harus ditutupi.

Beragam cara dilakukan untuk menghilangkan uban ini. Dari membeli ramuan anti uban, hingga mencabutnya. Tak sedikit pula yang berusaha menutupi uban ini dengan cara menyemir rambutnya.

Bagi yang belum terlanjur memiliki uban, ada amalan dan doa dari KH Abdul Hamid Chasbullah Tambakberas agar rambut tetap hitam meskipun usia sudah tua. Berikut ini amalan dan doanya.

Mandi Menjelang Waktu Subuh

Menukil laman bahrululum.id, Modin Abidah ini sudah sepuh akan tetapi rambutnya masih hitam legam layaknya anak muda. Hal tersebut membuat Kiai Ishom penasaran, bagaimana tips atau apa yang dilakukan Modin Abidah untuk menjaga warna rambutnya.

Ternyata, Modin Abidah mengaku mendapatkan ijazah rambut hitam dari Kiai Hamid Chasbullah Tambakberas. Khasiatnya adalah untuk menjaga warna rambut agar tetap hitam bebas uban.

Ijazah dan tata cara amalan menjaga rambut hitam dari Kiai Hamid tersebut terbilang cukup sederhana.

Modin Abidah melanjutkan ceritanya bahwa Kiai Hamid dulu pernah memberikan saran dan doa kepada para santrinya.

Nasihat tersebut adalah agar para santrinya setiap kali bangun pagi menjelang subuh agar segera mandi grujugan atau menyirami tubuh mereka dengan air mulai dari kepala sampai ujung kaki dalam satu kali siraman.

Lafal Doa Agar Rambut Tetap Hitam

Sebelum grujugan atau mandi keramas, hendaknya membaca bacaan berikut ini yang merupakan potongan ayat dalam Surat Al-Anbiya Ayat 69:

 يَٰنَارُ كُونِى بَرْدًا وَسَلَٰمًا عَلَىٰٓ إِبْرَٰهِيمَ

Arab-Latin: yā nāru kụnī bardaw wa salāman ‘alā ibrāhīm

Artinya: “Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Nabi Ibrahim.”

Tidak ada keterangan lebih lanjut apakah amalan rambut hitam tersebut harus diamalkan setiap hari atau bagaimana. Namun jika melihat salah satu santri Mbah Hamid yaitu Kang Wan yang rutin mandi pagi sebelum subuh, maka kemungkinan amalan tersebut dilakukan secara istiqomah.

Sumber: liputan6.com

Baca Juga

Perkokoh Ketakwaan Siswa, SMP Shafiyyatul Amaliyyah Gelar Tahajjud 3

Deras.co.id – SMP Shafiyyatul Amaliyyah menggelar Tahajjud 3 yang dilaksanakan pada tanggal 24-25 Februari 2024. Kegiatan …