Monday , February 26 2024
Beranda / Featured / Keutamaan Membaca Surah Al-Waqiah, Rezeki Berlimpah Hingga Pertolongan Di Hari Kiamat
deras.co.id

Keutamaan Membaca Surah Al-Waqiah, Rezeki Berlimpah Hingga Pertolongan Di Hari Kiamat

DERAS.CO.ID – Jakarta – Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Segala permasalahan yang ada, dasar hukumnya akan dikembalikan kepada Al-Qur’an.

Kandungan yang terdapat dalam ayat-ayat Al-Qur’an sangatlah menakjubkan dan menyentuh berbagai aspek kehidupan salah satunya perihal kelancaran rezeki. Sepert yang terkandung dalam Surah Al-Waqiah.

Surah memiliki banyak keutamaan terlebih bagi yang ingin dilancarkan rezeki serta dijauhkan dari kemiskinan maka imbangilah usaha dengan membaca Surah Al-Waqiah dengan rutin.

Surah Al-Waqiah juga berkaitan dengan peristiwa hari akhir. Nama Al-Waqiah sendiri memiliki arti hari kiamat, diambil dari perkataan “Al-Waqiah” yang terdapat pada ayat pertama surah ini.

Mengutip dari laman dream.co.id, berikut uraian lengkap tentang keutamaan, manfaat dan kandungan Surah Al-Waqiah.

Keutamaan Membaca Surah Al-Waqiah

Berikut adalah beberapa keutamaan dari surah Al-Waqiah yang dapat membantu dalam hal kekayaan, kesejahteraan, dan pemenuhan hajat yang berhubungan dengan rezeki:

  1. Mengandung ayat-ayat yang menyatakan bahwa amal kebaikan akan menghasilkan rezeki yang berlimpah.
  2. Membaca surah ini setiap hari dijamin akan menjaga dari kefakiran dan kemiskinan.
  3. Surah Al-Waqiah memiliki amalan yang bisa mendatangkan keberkahan dalam rezeki.
  4. Membaca Surah Al-Waqiah secara rutin dapat membantu dalam mengatasi kesusahan ekonomi.
  5. Mengandung ayat-ayat yang mengajarkan tentang pentingnya bersyukur atas rezeki yang diberikan.
  6. Membaca surah ini dengan niat yang ikhlas akan membantu dalam mewujudkan keinginan untuk kehidupan yang sejahtera.
  7. Memuat pengajaran tentang pentingnya berusaha dan tawakal dalam mencari rezeki.
  8. Membaca surah ini sebagai amalan harian akan membantu dalam meraih kesuksesan dalam kehidupan dunia dan akhirat.
  9. Sumber petunjuk yang memberikan keyakinan bahwa Allah akan memberikan rezeki kepada hamba-Nya yang bertawakal dan menjalankan perintah-Nya.

    Alasan Surah Al-Waqiah Disebut Surah Kekayaan

    Surah Al-Waqiah merupakan surah yang menjelaskan tentang kekayaan dan rezeki di dalam Al-Qur’an. Surah ini juga dikenal sebagai “Surat Kekayaan” karena terdapat banyak hadis yang menyebutkan pengaruh surat Al-Waqiah terhadap rezeki dan kesejahteraan.

    Rasulullah SAW juga pernah menyarankan untuk membaca surah Al-Waqiah sebagai salah satu cara untuk mendapatkan keberkahan dan kelimpahan rezeki. Salah satu hadis yang mendukung pengaruh Surah Al-Waqiah adalah yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, bahwa Rasulullah saw bersabda:

    “Barang siapa yang ingin agar hartanya bertambah dan umurnya diperpanjang, hendaklah membaca Surah Al-Waqiah.”

    Selain itu, penelitian juga mencatat bahwa Surah Al-Waqiah memiliki nilai pendidikan keimanan yang tinggi, karena surat ini menggambarkan kebesaran Allah SWT, kekuasaan-Nya dalam menciptakan rezeki, serta pentingnya bersyukur atas nikmat-nikmat yang diberikan.

    Waktu terbaik untuk mengamalkan surah ini adalah di malam hari, baik sebelum tidur atau setelah shalat Isya. Manfaat membaca surah Al-Waqiah secara rutin juga termasuk mendapatkan perlindungan dari kefakiran dan kesempitan rezeki.

    Dengan ikatan antara Surah Al-Waqiah dan kekayaan, serta pengaruhnya dalam mendatangkan rezeki dan kesejahteraan, surah ini memang memiliki keutamaan yang sangat penting dalam Al-Qur’an.

    Oleh karena itu, disarankan bagi umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan isi dari surah Al-Waqiah dalam kehidupan sehari-hari.

    Berhubungan dengan Hari Kiamat

    Surah Al-Waqiah juga menunjukkan hubungannya dengan hari kiamat, di mana Allah menggambarkan betapa pentingnya amalan yang benar dan ketaatan kepada-Nya.

    Membaca dan mengamalkan surah ini diharapkan dapat menjadi pertolongan di hari kiamat, ketika manusia membutuhkan amalan baik untuk mendapatkan kebaikan di akhirat.

    Selain itu, surah Al-Waqiah juga diyakini dapat memberikan ketenangan jiwa dan perlindungan dari kefakiran. Dengan menyadari kekuasaan dan karunia Allah yang disebutkan dalam surah ini, seseorang dapat merasa lebih tenang dan percaya bahwa rezeki yang diberikan-Nya akan mencukupi kebutuhan hidup.
    Surah ini juga mengingatkan manusia akan akhirat dan memotivasi untuk menghindari perilaku yang menyebabkan kefakiran. Dengan memahami dan mengamalkan Surah Al-Waqiah, seseorang diharapkan dapat meraih kekayaan, ketenangan jiwa, pertolongan di hari kiamat, serta terhindar dari kefakiran dan kemiskinan.

    Sumber: liputan6.com

     

Baca Juga

Perkokoh Ketakwaan Siswa, SMP Shafiyyatul Amaliyyah Gelar Tahajjud 3

Deras.co.id – SMP Shafiyyatul Amaliyyah menggelar Tahajjud 3 yang dilaksanakan pada tanggal 24-25 Februari 2024. Kegiatan …