Monday , February 26 2024
Beranda / Featured / Gol Tunggal Haller Antar Pantai Gading Tantang Nigeria Di Final Piala Afrika 2023
deras.co.id
PENENTU: Gol Sebastian Haller (kiri) menjadi penentu kemenangan Pantai Gading saat menang tipis 1-0 atas Republik Demokratik (RD) Kongo pada semi final Piala Afrika 2023 di Olympic Stadium of Ebimpe pada Kamis (8/2) dini hari WIB.

Gol Tunggal Haller Antar Pantai Gading Tantang Nigeria Di Final Piala Afrika 2023

DERAS.CO.ID – Jakarta – Gol tunggal Sebastian Haller mengantarkan Pantai Gading menang tipis 1-0 atas Republik Demokratik (RD) Kongo pada semi final Piala Afrika 2023 di Olympic Stadium of Ebimpe pada Kamis (8/2) dini hari WIB. Kemenangan itu mengantarkan tim tuan rumah, Pantai Gading menghadapi Nigeria di final.

Gol kemenangan Pantai Gading terjadi pada menit ke-65 ketika tendangan voli pemain yang membela Borussia Dortmund, Haller memantul dan melewati kiper Leopards Lionel Mpasi.

Usai laga, Pelatih Pantai Gading Emerse Fae mendeskripsikan keberhasilan timnya melenggang ke ke final seperti mimpi. Sebelumnya, Pantai Gading tampil terseok-seok di fase penyisihan grup dan hanya lolos ke babak 16 besar dengan status posisi tiga terbaik.

“Kami senang, kami benar-benar terharu. Ini seperti mimpi, ketika Anda melihat dua minggu lalu, ada kekalahan di sini melawan Ekuatorial Guinea. Sulit membayangkan bahwa kami bisa lolos ke final,” kata Fae dilansir AFP.

Keberhasilan Pantai Gading lolos ke babak final membuat mereka berpeluang untuk meraih gelar Piala Afrika untuk ketiga kalinya. Mereka pernah juara Piala Afrika pada 1992 dan 2015. Pantai Gading punya modal tambahan lantaran mereka berstatus sebagai tuan rumah Piala Afrika tahun ini.

Di partai puncak, Pantai Gading akan bersua Nigeri yang sudah lebih dulu memastikan lolos usai menang atas Afrika Selatan lewat adu penalti.

Adu penalti terjadi setelah skor imbang 1-1. Nigeria sempat memimpin lewat gol penalti William Troost Ekong pada menit ke-67, tetapi Afrika Selatan bisa menyamakan kedudukan menjelang akhir babak kedua lewat penalti Teboho Mokoena.

Dalam adu penalti, Mokoena jadi salah satu algojo yang gagal menjalankan tugasnya, begitu juga dengan Evidence Makgopa. Sementara di tim Nigeria, hanya Ola Aina yang gagal mampu mencetak bola. Penalti dari Kelechi Iheanacho lalu memastikan Nigeria melaju ke final dengan kemenangan 4-2 dalam drama adu penalti.

Pelatih timnas Nigeria Jose Peseiro mengatakan tim asuhannya pantas berada di final Piala. “Para pemain pantas berada di final, ini adalah kemenangan yang sangat bagus melawan tim yang bagus,” kata pelatih asal Portugal itu.

Usai mengantarkan timnya ke final, Peseiro tak lupa memberi penghormatan pada penampilan Afrika Selatan di semifinal yang menurutnya tampil sangat baik.

“Afrika Selatan mempunyai organisasi terbaik karena mereka bermain bersama dan menciptakan lebih banyak masalah bagi kami. Sangat sulit untuk mengalahkan mereka,” ujarnya.

Dengan keberhasilan lolos ke final, Nigeria mengincar trofi Piala Afrika keempat. Mereka sebelumnya telah menjuarai Piala Afrika pada tahun 1980, 1994, dan 2013.

Laga final antara Nigeria kontra Pantai Gading akan digelar di Stadion Alassane Ouattara, Abidjan pada Senin (12/2) dini hari WIB. Kedua tim pernah bertemu pada babak penyisihan grup di mana Nigeria menang 1-0 lewat gol penalti Troos-Ekong.

Sumber: hariansib.com

Baca Juga

Perkokoh Ketakwaan Siswa, SMP Shafiyyatul Amaliyyah Gelar Tahajjud 3

Deras.co.id – SMP Shafiyyatul Amaliyyah menggelar Tahajjud 3 yang dilaksanakan pada tanggal 24-25 Februari 2024. Kegiatan …