Monday , July 15 2024
Beranda / Edukasi / Nissan Kembangkan Robot Untuk Tenangkan Bayi Saat Berkendara
deras.co.id

Nissan Kembangkan Robot Untuk Tenangkan Bayi Saat Berkendara

DERAS.CO.ID – JAKARTA — Berkendara bisa menjadi pengalaman yang mengerikan bagi para bayi. Karena jok mobil (carseat) mereka seharusnya berada di kursi belakang dan menghadap ke belakang, anak menjadi stres karena kehilangan kontak visual dengan orang tuanya.

Hal ini mengakibatkan tangisan yang tidak dapat diatasi oleh orang tua yang mengemudi tanpa mengalihkan pandangan dari jalan. Yang lebih buruk lagi adalah perasaan meresahkan yang dirasakan orang tua ketika anak mereka terlalu pendiam dan tidak dapat melihat apa yang sedang terjadi.

Dilansir Japan Today, Jumat (9/2/2024), ini adalah masalah yang ingin diatasi bersama oleh produsen mobil Nissan dan pengecer perlengkapan bayi Akachan Honpo. Menurut survei yang mereka lakukan, lebih dari 60 persen orang tua baru mengemudi sendirian bersama anak mereka dan lebih dari 80 persen mengeluh bahwa mereka tidak dapat menghibur anak mereka ketika menangis.

Selain itu, lebih dari 90 persen mengatakan mereka khawatir ketika tidak dapat melihat anak mereka saat duduk di kursi mobil. Itulah sebabnya kedua perusahaan bekerja sama untuk menciptakan Iruyo: The Intelligent Puppet. Iruyo dilengkapi dengan serangkaian sensor dan perangkat komunikasi serta daya tarik yang canggih.

Banyak penelitian yang menyelidiki semua detail Iruyo. Warna merahnya dipilih karena dianggap paling baik dalam menarik perhatian bayi, namun dibuat juga warna merah muda dan putih yang lebih lembut. Tampilannya juga sederhana dengan kontras yang kuat dan gerakan yang mudah diikuti agar bayi tetap terhibur. Kustomisasi juga dimungkinkan, seperti topi atau kacamata yang menawan.

Iruyo sebenarnya adalah bagian dari dua set robot, dipasangkan dengan robot lain yang disebut Baby Iruyo. Iruyo duduk di kursi belakang menghadap anak itu sementara Baby Iruyo duduk di dekat pengemudi dengan gagang cangkir.

Baby Iruyo dapat menerima perintah suara seperti “Aku di sini”, “Ayo nyanyikan sebuah lagu”, dan “cilukba”, dan meneruskannya ke Iruyo yang akan memberikan isyarat yang sesuai.

Pada saat yang sama, Iruyo memantau wajah bayi tersebut dan menyampaikannya kembali ke Baby Iruyo yang menirunya. Artinya jika bayi sangat pendiam, orang tua dapat mengetahui apakah bayinya sedang tidur atau tidak dengan memeriksa mata Bayi Iruyo.

Studi menemukan bahwa tidak hanya 90 persen bayi yang disibukkan oleh Iruyo saat berada di kursi mobil, namun lebih dari setengahnya menunjukkan peningkatan suasana hati secara umum saat menghabiskan waktu bersama robot. Meskipun hasil-hasilnya menjanjikan, sayangnya Iruyo hanyalah sebuah produk konsep dan belum ada rencana untuk merilisnya secara komersial saat ini.

Namun, mereka mengadakan sesi pengalaman, seperti yang diadakan di kantor pusat Nissan di Yokohama bulan lalu dan yang direncanakan di toko Akachan Honpo di LaLaport Yokohama pada 10-11 Februari.

Sumber: tekno.republika.co.id

Baca Juga

deras.co.id

SDN 106174 Salabulan, Sibolangit Hanya Punya 26 Siswa, 1 Murid di Kelas VI

DERAS.CO.ID – SIBOLANGIT | UPT SPF (Satuan Pendidikan Formal) SD Negeri 106174 Salabulan, Kecamatan Sibolangit, …