Wednesday , April 24 2024
Beranda / Edukasi / Tips Aman Beli HP Di Toko Online Agar Tak Kena Tipu
deras.co.id
Ilustrasi Belanja Online, e-Commerce, eCommerce, Online Marketplace, Bisnis Online

Tips Aman Beli HP Di Toko Online Agar Tak Kena Tipu

DERAS.CO.ID – Jakarta – Popularitas belanja online kian meningkat seiring dengan infrastruktur digital dan konektivitas internet yang juga makin meluas. Meski begitu, ada sebagian orang yang masih ragu atau bahkan takut untuk berbelanja online, apalagi membeli produk yang harganya tidak murah seperti smartphone.

Hal ini pun sangat disayangkan, apalagi kini banyak vendor smartphone yang menjual perangkat mereka secara online dengan harga promo yang lebih terjangkau. Salah satunya adalah HP Poco C65 yang hanya bisa dibeli di berbagai toko online resmi Poco.

Poco pun memberikan tips untuk membeli perangkat Poco C65 yang hanya tersedia eksklusif di toko online resmi mereka di e-commerce.

Associate Director Marketing Poco Indonesia Andi Renreng menyebut, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan konsumen saat membeli Poco C65 secara online.

“Kenapa mesti ragu atau takut belanja online? Padahal banyak banget keuntungannya, mulai dari sisi kepraktisan, adanya asuransi dan garansi, hingga keuntungan dalam bentuk diskon atau cashback. Tinggal bagaimana kita berbelanja online secara aman agar terhindar dari hal-hal yang kurang menyenangkan,” kata Andi.

Berikut adalah tips belanja online yang aman, termasuk di antaranya membeli smartphone:

1. Pastikan Platform Ecommerce-nya Aman

Umumnya aplikasi e-commerce yang bisa diunduh di toko aplikasi resmi Google Play Store dan App Store sudah memiliki keamanan sendiri.

Kalau ingin mengakses platform e-commerce dari browser, pastikan alamat websitenya berawalan “https” atau hypertext transfer protocol secure, tak hanya “http”.

Protokol keamanan https menandakan bahwa sebuah website sudah aman dan dilindungi oleh sistem enkripsi untuk melindungi transaksi dan data pribadi pengguna.

2. Jangan Mau Kalau Dimintai Data Pribadi

Berbelanja di toko online biasanya hanya butuh sejumlah informasi pribadi yang tujuannya untuk pengiriman barang. Informasi yang dibutuhkan biasanya adalah nama, alamat, dan nomor telepon untuk pengiriman barang.

Nah, jika ada toko online yang sampai meminta data pribadi misalnya KTP, nomor rekening, dan lain-lain, tinggalkan dan berpindah ke toko online lainnya.

3. Pentingnya Koneksi Internet yang Aman

Koneksi internet menggunakan paket data di smartphone atau Wi-Fi di rumah sendiri sudah cukup aman. Selain itu, jaringan hotspot yang sudah dilindungi oleh sistem enkripsi atau aplikasi anti-virus juga sudah cukup aman.

Ingat, kalau mau mengakses transaksi keuangan atau belanja online, sebaiknya hindari berbelanja online melalui koneksi internet dari Wi-Fi di tempat umum.

Koneksi internet di tempat umum tidak bisa dipastikan keamanannya. Bisa jadi, justru membahayakan data-data atau finansial kita.
Untuk itu, menggunakan koneksi internet yang aman bermanfaat untuk menghindari berbagai risiko yang bisa timbul dari celah keamanan koneksi internet.

4. Pakai HP yang Gesit Saat Browsing Produk

Perangkat yang dipakai untuk belanja online, dikatakan Andi, memiliki peran yang tak kalah penting untuk berbelanja online.

Pastikan kamu belanja online dengan HP yang tidak lemot saat bermultitasking. Soalnya, biasanya pengguna akan membuka-buka lebih dari satu aplikasi toko online untuk memilah-milah mana yang harganya paling cocok.

Untuk itu, dibutuhkan ponsel yang punya kinerja cukup gesit dan tidak nge-lag. Pakai smartphone yang gesit bisa meminimalkan salah ketuk gara-gara proses belanja yang patah-patah atau gagalnya transaksi karena smartphone crash dan kejadian yang tidak mengenakkan lainnya.

Nah, untuk membeli HP Poco secara resmi, Andi menyarankan untuk membeli di kanal penjualan online Poco di Poco.co.id atau toko resmi Poco Indonesia di Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dan Akulaku.

Sumber: liputan6.com

 

Baca Juga

deras.co.id

Samsung Rilis Galaxy C55, Tampil Dengan Balutan Kulit Dan Kamera 50MP

DERAS.CO.ID – Jakarta – Samsung diketahui telah resmi meluncurkan smartphone terbarunya untuk pasar Tiongkok yakni …