Wednesday , April 24 2024
Beranda / Edukasi / Program Khataman Alquran Tingkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa
deras.co.id

Program Khataman Alquran Tingkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa

DERAS.CO.ID – JAKARTA — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang Provinsi Banten mengapresiasi program Khotmil Quran (Khatam Al Quran) yang dijalankan oleh Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 9 Kota Tangerang sejak 2008 silam.

Ketua MUI Kota Tangerang KH Baijuri Khotib mengatakan, SMPN 9 Kota Tangerang telah berhasil memberikan contoh teladan dalam melestarikan pembelajaran Al Quran di lingkungan sekolah.

Khotmil Quran di SMPN 9 Kota Tangerang tersebut merupakan prosesi puncak dari program wajib membaca Al Quran yang selama ini dilakukan para siswa-siswi setiap hari secara berkala.

“Kami sangat mengapresiasi konsistensi yang telah dilakukan SMPN 9 Kota Tangerang. Memasuki edisi ketujuh, Khotmil Quran ini memberikan manfaat pendidikan yang sangat besar, terutama untuk mencerdaskan spiritual para siswa-siswi di sini,” kata KH Baijuri usai memimpin prosesi Khotmil Quran di SMPN 9 Kota Tangerang, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya memberikan apresiasi, MUI Kota Tangerang juga akan mendukung SMPN 9 Kota Tangerang untuk meningkatkan program Khotmil Quran sebagai bagian dari pendidikan karakter dan spiritual.

Terlebih, Khotmil Quran tersebut selaras dengan program “Tangerang Mengaji” yang baru saja diluncurkan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang dan Dinas Pendidikan Kota Tangerang beberapa waktu yang lalu.

“Kami akan mendorong program seperti ini dapat ditularkan ke sekolah-sekolah lain, sehingga bisa diwujudkan lebih masif lagi di seluruh Kota Tangerang,” katanya.

Selain itu, MUI Kota Tangerang berharap konsistensi program Khotmil Quran di SMPN 9 Kota Tangerang tersebut dapat menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk tergerak menyelenggarakan program serupa.

Hal ini sesuai dengan tajuk “Akhlakul Karimah” yang selama ini menjadi representasi identitas dari Kota Tangerang itu sendiri.

“Kami juga berharap sekolah-sekolah lain di Kota Tangerang dapat mencontoh dan mengikuti langkah SMPN 9 Kota Tangerang dalam menerapkan program mulia ini,” katanya.

Sumber: khazanah.republika.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Samsung Rilis Galaxy C55, Tampil Dengan Balutan Kulit Dan Kamera 50MP

DERAS.CO.ID – Jakarta – Samsung diketahui telah resmi meluncurkan smartphone terbarunya untuk pasar Tiongkok yakni …