Wednesday , April 24 2024
Beranda / Featured / Singkirkan Porto, Arsenal Akhiri Kutukan 14 Tahun Di Liga Champions
deras.co.id
GAGALKAN: Kiper Arsenal, David Raya (kanan) menggagalkan penalti pemain Porto, Galeno pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Emirates, Rabu (13/3). Arsenal menang adu penalti dengan skor 4-2 untuk lolos ke babak perempat final.

Singkirkan Porto, Arsenal Akhiri Kutukan 14 Tahun Di Liga Champions

DERAS.CO.ID – London – Arsenal mengakhiri kutukan tak pernah lolos ke perempat final Liga Champions usai menyingkirkan FC Porto. Kemenangan diraih Arsenal lewat adu penalti dengan skor 4-2 di Emirates Stadium pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Rabu (13/3).

Sebelum laga ini, Porto unggul agregat 1-0 berkat kemenangan di leg pertama. Arsenal pun berupaya keras memenangkan laga pada leg kedua di kandangnya.

Pasukan Mikel Arteta bisa menyetarakan agregat usai Leandro Trossard bikin gol di menit ke-41. Kemudian tak ada gol tambahan hingga perpanjangan waktu berakhir.

Duel ditentukan lewat adu penalti. Pada babak tos-tosan, dua penendang FC Porto, Wendell dan Galeno gagal menjalankan tugasnya setelah sepakannya ditepis David Raya, kiper Arsenal. Sementara, empat eksekutor Arsenal yakni Odegaard, Kai Havertz, Saka dan Declan Rice sukses bikin gol. The Gunners (julukan Arsenal) menang 4-2 lewat adu penalti untuk melaju ke perempat final.

Kemenangan ini membawa Arsenal bisa kembali lolos ke perempat final Liga Champions setelah 14 tahun lamanya. Terakhir kali, Meriam London ke 8 besar terjadi pada musim 2009/2010.

Kala itu, mereka juga mengalahkan Porto di 16 besar dengan agregat 6-2. Namun kiprah Arsenal kemudian langsung terhenti di perempatfinal usai disingkirkan Barcelona.

Setelahnya selama 14 tahun, Arsenal selalu mentok di babak 16 besar. Hal tersebut tujuh musim beruntun dari 2010/2011 hingga 2016/2017.

Arsenal kemudian tak berlaga di Liga Champions dalam lima musim terakhir. Hal ini terjadi akibat, mereka gagal finis di empat besar.

Tim asal London Utara tersebut baru kembali ke Liga Champions musim ini. Arsenal kemudian langsung mampu memecah kutukan tak pernah lolos ke perempat final Liga Champions dalam 14 tahun.

Kemenangan ini tidak terlepas dari aksi gemilang David Raya menjaga gawang Arsenal. Kiper asal Spanyol ini menjadi pahlawan bagi Arsenal. Dia tampil apik selama 120 menit menghindarkan Arsenal dari kebobolan. Ia bikin tiga penyelamatan. Raya pun dijatuhi gelar man of the match dari UEFA untuk laga ini.

Pria asal Spanyol tersebut mengaku sangat puas dengan performanya di laga ini. Pasalnya, ia mampu membawa Arsenal lolos untuk pertama kalinya ke perempat final Liga Champions sejak 14 tahun yang lalu.

“Ini merupakan perasaan yang luar biasa bagi saya pribadi, bermain untuk pertama kalinya di Liga Champions dan bagi klub untuk mencapai perempat final untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun,” ujar David Raya dikutip dari situs UEFA.

“Kami bermain sangat baik sejak awal. Kami mendominasi, menciptakan peluang demi peluang dan itu harus ditentukan pada adu penalti. Kami telah bekerja keras dalam adu penalti tahun ini dan semua kerja keras dengan pelatih kiper dan tim telah membuahkan hasil,” jelasnya.

Sumber: hariansib.com

Baca Juga

deras.co.id

Samsung Rilis Galaxy C55, Tampil Dengan Balutan Kulit Dan Kamera 50MP

DERAS.CO.ID – Jakarta – Samsung diketahui telah resmi meluncurkan smartphone terbarunya untuk pasar Tiongkok yakni …