Wednesday , April 24 2024
Beranda / Featured / Permalukan Vietnam, Indonesia Ulangi Kemenangan 20 Tahun Silam Di Hanoi
deras.co.id
LEWATI: Pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen (kanan) melewati pemain Vietnam pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3). Indonesia menang 3-0.

Permalukan Vietnam, Indonesia Ulangi Kemenangan 20 Tahun Silam Di Hanoi

DERAS.CO.ID – Hanoi – Indonesia mempermalukan Vietnam 3-0 pada laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3) malam WIB. Kemenangan ini seakan mengulang pencapaian Indonesia di Hanoi 20 tahun lalu.

Timnas Indonesia sudah membuka keunggulan 1-0 saat laga baru berjalan sembilan menit. Gol pembuka dicetak oleh Jay Idzes.

Gol ini bermula dari sepak pojok terukur yang dilepaskan Thom Haye. Eksekusinya mengarah ke Jay Idzes yang dalam posisi tidak terkawal dan sundulannya berhasil menggetarkan gawang tuan rumah.

Timnas Indonesia bahkan bisa memperbesar keunggulan pada menit ke-24. Aksi individu dilakukan Ragnar Oratmangoen yang melakukan tusukan ke kotak penalti.

Pemain Fortuna Sittard itu sukses melewati dua pemain Vietnam yang diakhiri tembakan kaki kiri mendatar yang membuat Nguyen Filip kembali memungut bola dari gawangnya.

Ernando Ari Sutaryadi membuat penyelamatan apik pada menit ke-33. Tendangan bebas Khuat Van Khang yang mengarah ke gawang bisa digagalkan sembari menjatuhkan diri.

Pelatih Shin Tae Yong melakukan dua pergantian pemain pada awal babak kedua. Yakob Sayuri dan Egy Maulana Vikri dimasukkan menggantikan Hokky Maulana serta kapten tim Asnawi Mangkualam.

Ragnar kembali mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol pada menit ke-65. Aksi individu dilakukan Ragnar tetapi saat coba memberikan umpan kepada Egy bola masih bisa diblok pemain Vietnam.

Tuan rumah berupaya untuk bisa mendominasi permainan. Upaya itu membuahkan hasil tetapi Vietnam tetap kesulitan untuk bisa membongkar pertahanan Timnas Indonesia yang bermain solid di pertandingan ini.

Ragnar kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol keduanya pada menit ke-79. Hanya saja tembakan kaki kirinya dari sudut sempit hanya menerpa bagian luar jala gawang Vietnam.

Pemain Vietnam Ho Tan Tai punya peluang untuk mencetak gol pada menit ke-84. Akan tetapi tembakannya masih belum membahayakan gawang Ernando.

Timnas Indonesia berhasil mencetak gol ketiga ke gawang Vietnam pada menit terakhir masa injury time. Pemain pengganti Ramadhan Sananta mencetak gol setelah memanfaatkan kemelut yang berawal dari sepakan keras Edo Febriansah di luar kotak penalti. Laga berakhir 3-0 untuk Indonesia.

Hasil tersebut menjadi kemenangan pertama timnas Indonesia di Stadion My Dinh, Hanoi sejak 2004 silam. Kala itu, skuat Garuda membekuk tuan rumah Vietnam dengan skor yang sama, yakni 3-0 pada fase grup Piala Tiger 2024.

Kemenangan ini juga membuat Indonesia meraih tiga kemenangan beruntun atas sang rival di Asia Tenggara. Dengan tambahan tiga poin, Timnas Indonesia kukuh di posisi kedua klasemen Grup F dengan tujuh poin. Tim Garuda unggul empat poin atas Vietnam yang menempati posisi ketiga. Sementara Irak berada di puncak dengan 12 poin dan sudah memastikan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Susunan pemain

Vietnam (5-4-1):Filip Nguyen (PG); Bui Tien Dung, Pham Xuann Manh, Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh Vu Van Thanh; Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Khuat Van Khang, Nguyen Thai Son; Nguyen Tien Linh

Timnas Indonesia (3-4-3):Ernando Ari (PG); Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On;Witan Sulaeman, Ragnar Oratmangoen; Hokky Caraka.

Sumber: hariansib.com

Baca Juga

deras.co.id

Alasan Mahfud Tidak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran Sebagai Presiden Dan Wapres Terpilih

DERAS.CO.ID – Jakarta – Mantan calon wakil presiden nomor urut 03, Mahfud Md, tidak hadir …