Friday , June 14 2024
Beranda / Edukasi / Pelepasan SMA YPSA Angkatan XVIII Berlangsung Sukses
deras.co.id

Pelepasan SMA YPSA Angkatan XVIII Berlangsung Sukses

DERAS.CO.ID – Pelepasan siswa-siswi kelas 12 SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) Angkatan XVIII berjumlan 107 orang berlangsung sukses di Sadafa Room Raz Hotel & Convention, Rabu (22/5/2024).

Tampak hadir saat acara Pembina YPSA, Buya H. Sofyan Raz. Ak, MM., Ketua Harian YPSA, Ibu Addaratul Hasanah Lubis, S.Pd, M.Sos., Kadis Pendidikan Sumut Ir. Abdul Haris Lubis, M. Si, Pengurus harian dan kepala departemen YPSA, Kepala Sekolah SMA Shafiyyatul Amaliyyah Ibu Dahliana, S.Pd., Bapak/Ibu guru dan seluruh civitas akademika YPSA, Bapak/Ibu walisantri siswa kelas XII SMA YPSA dan Orangtua Asuh Homestay Nagori Bukit Maraja Huta Sukasari Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun.

Pada hari ini, sebagai bukti dan produk dari pengembangan pendidikan di YPSA, kita akan melepas alumni SMA YPSA, sebagai siswa dengan bekal pendidikan internasional yang mumpuni dan kami berharap alumni ini nantinya merupakan sosok terbaik dan dapat bersaing secara nasional maupun internasional.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Harian YPSA, Ibu Addaratul Hasanah Lubis, S.Pd, M.Sos., saat memberikan sambutan acara Pelepasan kelas XII SMA YPSA yang mengangkat tema ‘Embrace Your Weaknesses, Uncover Power Within Them, and Grow Stronger Through Acceptance’.

YPSA dengan kemajuan dan pengembangan teknologi pendidikan yang dimiliki selalu berusaha untuk memperhatikan bidang pengembangan diri melalui berbagai kegiatan intra dan ekstrakurikuler baik dalam bidang keagamaan, ilmiah, olahraga, kesenian, dan lain sebagainya untuk mewujudkan bibit-bibit golden generation yang berbasis budaya lokal serta berwawasan global.

Diawal pembukaan dengan tarian penyambutan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars YPSA dan Hymne YPSA. Dilanjutkan dengan penampilan hafalan surat Al-Qur’an oleh siswa SMA YPSA, penampilan pembacaan puisi ‘Amal Yang Suci’, dan penampilan terakhir drama dan pembacaan puisi ‘Kala Perpisahan Tiba’ karya Etty Raz oleh siswa SMA YPSA.

Kepala SMA YPSA Dahliana, S.Pd., mengatakan “Siswa-siswi YPSA khususnya SMA Shafiyyatul Amaliyyah adalah siswa-siswi yang memiliki potensi yang sangat baik dalam akademik maupun non akademik, anak-anak yang saleh dan salehah. Itu semua karena adanya kolaborasi dan kesamaan visi misi antara sekolah, orangtua dan siswa. Dan terbukti, dari tahun ke tahun persentasi kelulusan siswa-siswi di universitas negeri baik di dalam negeri dan luar negeri mengalami progres yang baik.

Bu Dahliana menambahkan, “Jangan pernah berhenti bersyukur, selalu ingat dan patuh kepada orangtua kamu karena ridho Allah bermula dari ridho orangtua kamu dan selalu usaha yang maksimal”.

Kadis Pendidikan Sumut Ir. Abdul Haris Lubis, M. Si., mengatakan bahwa orangtua merupakan bagian terpenting dalam pendidikan anak-anak namun pendidikan tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ditopang oleh tiga elemen pendidikan di antaranya pendidikan keluarga, pendidikan sekolah dan pendidikan masyarakat.

“Sekolah merupakan sarana untuk untuk membangun kecerdasan intelektual anak selain itu sekolah harus mampu mengembangkan kompetensi anak untuk terus berinovasi dan berkreasi. Namun semua ini tidak berhasil jika tidak didukung oleh keluarga ataupun masyarakat. Jika ketiga elemen ini saling mendukung maka pendidikan anak-anak akan berlansung dengan baik,” ujarnya.

Mewakili Orang tua siswa, Dr. dr. Muara Panusunan Lubis, M. Ked(OG), SpOG-KFM dalam sambutannya mengatakan, “Alhamdulillah anak saya telah mengenyam pendidikan di YPSA ini sejak TK hingga tamat SMA. Anak saya pernah bertanya kenapa betah di YPSA. Saya selaku orang tua yang merasakan selama saya menyekolahkannya di YPSA adanya peningkatan akhlak yang baik dan kesantunan anak-anak YPSA. Sehingga dapat diterima di Universitas yang diinginkannya.

Dalam rangkaian acara ini para siswa memberikan sekuntum bunga kepada orangtua masing-masing sebagai ucapan terima kasih dan syukur telah menyelesaikan pendidikan.

Kepala Departemen Pendidikan dan IT YPSA Bagoes Maulana, M.Kom., mengatakan bahwa YPSA sebagai salah satu sekolah Islam Internasional di Medan berkomitmen bahwa melaksanakan seremoni Pelepasan ini menjadi salah satu kegiatan tahunan untuk tetap memperkuat silaturahmi sekolah dan orang tua.

“Ini juga sebagai wujud ikhtiar kami menjadikan SMA YPSA sebagai sekolah terbaik di kota Medan, Sumatra Utara yang menjadi pilihan tepat bagi siswa dan orang tua siswa”, tegas Bagoes.

Baca Juga

deras.co.id

Kejagung Sebut Kerugian Negara Capai Rp300 Triliun Di Korupsi PT Timah, Ini Kata Kuasa Hukum Tersangka

DERAS.CO.ID – Jakarta – Kejaksaan Agung (Kejagung) RI telah menetapkan nilai kerugian negara senilai Rp300 …